TANJUNGPINANG – Kreatifitas manusia untuk terus menciptakan berbagai barang yang inovatif dalam rangka mempermudah pekerjaan manusia akan selalu dibutuhkan. Listrik sebagai energi yang sangat dibutuhkan oleh manusia dewasa ini kini bisa dihasilkan dengan memanfaatkan angin.

Adalah Jipriandi, yang berhasil menciptakan sebuah alat sederhana berupa baling-baling yang mampu mengubah energi angin menjadi energi listrik. Sebuah alat berbentuk seperti baling-baling itu dikatakan oleh mahasiswa Umrah ini dapat menghasilkan listrik sebesar 60 Ampere.

“Daerah kita ini adalah daerah kepulauan di mana sangat banyak angin di sini, terlebih lagi yang berada di wilayah pesisir pantai. Bahkan alat ini sangat cocok untuk orang-orang yang menginap di kelong-kelong karena pasti angin yang dibutuhkan mencukupi,” ucap mahasiswa jurusan Ilmu Kelautan ini.

Untuk menghasilkan listrik sebesar 60 Ampere tersebut, Jipriandi mengatakan dibutuhkan angin dengan kecepatan 800 hingga 1.200 rpm. Oleh karena itu orang-orang yang tinggal di tepi laut, atau yang tinggal di kelong di tengah laut akan sangat cocok memiliki alat ini.

Mengenai bagaimana munculnya ide tentang pemanfaatan energi angin menjadi energi listrik, Ia mengatakan akibat kampusnya pada waktu itu sering sekali mengalami listrik mati, selain itu pula karena ia berada di jurusan kelautan dan melihat bagaimana fenomena alam yang terjadi di daerah kepulauan ini membuat ide tentang pemanfaatan energi angin muncul.(cr3)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here