BATAM – Mahasiswa Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) memborong tiga gelar bergengsi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina. Ketiga gelar itu adalah, bidang fisika, kimia dan biologi. Sedangkan di bidang matematika , diborong oleh Universitas Internasional Batam (UIB)
Para pemenang pertama berkesempatan mengikuti OSN Pertamina tingkat nasional 1-4 November 2011 nanti di Jakarta. Para pemenang berhak mendapatkan bonus dari PT Pertamina yang secara nasional total Rp2,8 miliar.

Adapun para pemenang OSN Pertamina adalah, Meta Yuliana (UMRAH) juara pertama bidang biologi, Nafisatul Hasanah (UIB) kedua dan Sucitra (UMRAH) peringkat ketiga. Sedangkan untuk bidang Kimia, juara satu diraih Jiprindi (UMRAH), Eka Afriandi (UIB) dan Wan Rita Fayeti (UMRAH).

Selanjutnya untuk bidang fisika, Rosnah (UMRAH) keluar sebagai pemenang pertama, Rizky Maulana FZ (UMRAH) peringkat kedua dan Agustinus Siahaan (UMRAH) peringkat ketika. Sementara itu untuk bidang matematika, juara satu diraih Muhammad Febriyanto  (UIB), Novis (UIB) dan Ritia Zuldoro (UIB).

Para peserta pun mendapat bonus masing-masing Rp6,5 juta untuk juara pertama, Rp4,5 juta juara dan Rp2,5 juta untuk peringkat ketiga.

Ketua Panitia Tim Seleksi OSN Pertamina Provinsi Kepri, Prof. DR. Ir. R. Chaerul Saleh, M.Sc mengatakan, para pemenang olimpiade merupakan, peserta yang berhasil meraih nilai tertinggi dalam menjawab soal yang disiapkan panitia OSN Pertamina dari Jakarta. Soal-soal yang diujikan itupun menurut Chairul, sangat berbobot. Sehingga ketika peserta OSN Kepri mampu menjawab soal itu dengan nilai 70 ke atas, berarti kualitas keilmuan mahasiswa untuk bidang ilmu sains dasar sangatlah bagus.

“Ini juga sebuah kebanggaan kita. Bahwa ternyata, tingkat keilmuan mahasiswa di Kepri cukup berkualitas,” kata pria yang berhasil meraih doktor dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) ini, usai pengumuman pemenang OSN di kampus UMRAH, ruko Puri Legenda, Batamcentre, Jum’at (7/10) kemarin.

Ditambahkan, para pemenang OSN Kepri bakal bersaing dengan peserta OSN dari seluruh nusantara pada 1-4 November mendatang. Semua biaya akomodasi dan transportasi ditanggung 100 persen oleh PT Pertamina.

Kepala PT Pertamina Batam, I Ketua Permadi mengungkapkan, OSN merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Pertamina bidang pendidikan. PT Pertamina menggandeng Universitas Indonesia menggelar OSN dengan harapan, muncul karya-karya terbaik di bidang sains.

OSN Pertamina ini mulai digelar 2008 lalu. Dari tahun ke tahun, peserta OSN terus bertambah dan secara kaulitas terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Bagian CSR PT Pertamina Pusat Eko Kristiawan menjelaskan, dalam seleksi OSN Pertamina tingkat nasional nanti, peserta akan mengikuti dua tahapan seleksi. Pertama test kemampuan akademik dan presentasi makalah.

“Jadi, bisa saja peserta seleksi OSN Pertamina nanti meraih dua gelar. Juara secara akademik dan unggul secara presentasi makalah,” katanya. (fur)

diolah dari haluankepri.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here