umrah.ac.id -Kepala Pusat Komputer (Puskom) ICT Centre UMRAH, Sulfikar Sallu, S.Kom, M.Kom mematenkan hasil karyanya berupa Sistem Informasi Akademik yang mampu melakukan processing Kartu hasil Studi (KHS) tercepat.

Sulfikar Salu, S.Kom, M.Kom

Permohonan hak cipta atas hasil karyanya tersebut telah dikrimkan ke Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementrian Hukum dan HAM pada awal  Bulan Januari (3/1). Menurutnya Sistem Informasi Akademik yang dikerjakannya sejak tahun 2009 ini memiliki kecepatan lebih unggul dalam memproses dan menghasilkan KHS dibanding sistem akademik dibandingkan Sistem Informasi Akademik seluruh Universitas yang ada di Indonesia, maupun negeri jiran.

“Sistem Informasi Akademik ini merupakan yang tercepat karena metode implementasi yang dipakai belum ada diterapkan disana-sini baik di Universitas dalam negeri , seperti UI, UGM, ITB, maupun Perguruan tinggi di negeri Jiran seperti Malaysia.” Kata Sulfikar.

“Bahkan di Universitas tempat saya mengambil Program Doktor di UTEM Malaka, sistem Informasi akademik mereka masih membutuhkan waktu beberapa lama untuk mekukan procesing dan mencetak hasil KHS Mahasiswa, jika dibanding dengan sistem ini, begitu mahasiswa selesai dengan jawaban terakhir akan langsung keluar KHSnya.“ Ucap Dosen Fakultas Teknik UMRAH ini.

Menurut Sulfikar, salah satu penyebab sistem yang dibangun olehnya ini dapat bekerja dengan cepat adalah karena ia menerapkan proses penyempitan pengulangan database pada Sistem Informasi Akademik. Sistem yang diterapkan melalui domain sisfo.umrah.ac.id ini dirancang menggunakan bahasa pemograman Java dan PostgreSQL sebagai Databasenya.(dip)

Sila Ditanggapi

Sila Ditanggapi