Dr. Ibnul Qayim dari IPB dan Rektor UMRAH, Prof. Dr. Maswardi M. Amin, M.Pd menjadi narasumber Sosialisasi Bersama SNMPTN 2012 yang digelar oleh IPB dan UMRAH. Foto: Adi Pranadipa/umrah.ac.id

Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Institut Pertanian Bogor menggelar Sosialisasi Bersama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 di Batam, Jum’at (17/2) bertempat di Aula Diknas Pemko Batam dan Tanjungpinang, Sabtu(18/2) bertempat di Aula SMKN 1. Kegiatan ini Diselenggarakan agar para calon mahasiswa dan stakeholder sekolah seperti Kepala Sekolah dan Guru mendapatkan informasi yang cukup seputar Pelaksanaan SNMPTN 2012 seperti tata cara pendaftaran, Jenis Jalur Masuk, dan Hal teknis lainnya.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB di Aula SMKN 1 Tanjungpinang ini dihadiri oleh 100-an Siswa-siswi dari SMA/SMK/MA yang ada di Tanjungpinang dan Bintan, serta dihadiri juga oleh Kepala-kepala sekolah serta Guru-guru dari Tanjungpinang dan Bintan.Rektor UMRAH, Prof. Dr. H. Maswardi M. Amin, M.Pd menjadi Narasumber Sosialisasi dari UMRAH, sedangkan dari IPB hadir Dr. Ibnu Qayim. Dr. Ibnul Qayim mengatakan bahwa UMRAH dan IPB tergabung dalam Wilayah 1 SNMPTN dengan Kode Panitia Lokal 33 sehingga digelarlah Sosialisasi Bersama ini.

“Tanjungpinang atau UMRAH ini berada dalam satu wilayah dengan IPB pada SNMPTN 2012 ini, namun UMRAH di Tanjungpinang ini merupakan sub Panitia Lokal, sehingga Penyelenggaraan Tes Bisa dilakukan di Tanjungpinang” kata pria yang menyelesaikan Studi Doktornya di Jerman ini.

“SNMPTN 2012 ini memiliki 2 Jalur yaitu jalur Undangan dan Jalur tertulis, Jalur Undangan itu merupakan Jalur masuk bagi calon mahasiswa yang berprestasi di sekolah, dan hal tersebut merupakan kewenangan pihak sekolah untuk melakukan seleksi lalu Pendaftaran dilakukan oleh Kepala Sekolah secara Online pada laman snmptn.ac.id , sedangkan Jalur Tertulis adalah melalui tes tertulis dengan wajib memilih satu Jurusan di PTN yang terletak di wilayah Tempat ujian tulis diselenggarakan dan memilih satu lagi PTN di Seluruh Indonesia yang sesuai dengan Minat calon mahasiswa yang sebelumnya mesti mendaftar secara online pada website SNMPTN” Kata Dr. Ibnul Qayim.

Rektor UMRAH. Prof. Dr. Maswardi M. Amin, M.Pd Menyampaikan kepada para para peserta sosialisasi bahwa UMRAH telah ditetapkan sebagai Kampus Unggulan bidang Kelautan Perikanan se-Sumatera.

“UMRAH telah ditetapkan menjadi kampus Unggulan dalam Bidang Kelautan dan Perikanan pada Rapat Gubernur se-Sumatera lalu karena didasarkan kepada letak Geografis wilayah Kepri yang 96% Laut. Kalau IPB hanya seluas 300 Ha, maka Kampus UMRAH seluas Mata memandang karena laut sebagai Laboratorium Lapangan tersedia sangat luas.” Kata Rektor sedikit berkelakar yang disambut tepukan tangan meriah oleh Peserta dan Gelak Tawa dari Pihak IPB.

Menurut Prof. Maswardi , kedepan UMRAH punya peluang untuk pendirian Fakultas Kedokteran, serta Jurusan Farmakologi Laut karena sumber daya laut ini sangat berlimpah untuk dijadikan bahan Pembuatan Obatan-obatan semisal Tinta Sotong yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan kanker .

“Di Tahun 2012, UMRAH mendapat anggaran dari Pusat untuk Pembangunan Laboratorium Unggulan Kelautan” tambah Guru Besar pada Universitas Tanjungpura ini.

Ia menambahkan bahwa Peminat pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP, Akuntasi, dan Jurusan-jurusan yang ada di FISIP UMRAH ini sangat tinggi, namun malah peminat pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan yang Kurang.

“Maka itulah saya menggesa agar para adik-adik calon mahasiswa ini jangan takut untuk masuk ke Jurusan Ilmu kelautan dan Perikanan dan jangan berfikir kalau masuk jurusan ini akan menjadi nelayan, justru tidak begitu. Malah Potensinya sangat besar semisal Berwirausaha pada Sektor Kelautan dan perikanan” ajak rektor kepada para peserta yang hadir. (dip)

Sila Ditanggapi

Sila Ditanggapi