Kesempatan kembali diberikan oleh United Nations dengan dukungan Nippon Foundation untuk melakukan riset selama 9 bulan di bidang “ocean affairs and law of the sea”. Peserta tidak harus lawyers, bisa juga fisheries, geodet, geologist, oceanographer, diplomat, coastal planner, anthropologist, atau apa saja yang terkait ocean affairs and law of the sea.

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang “ocean affairs and the law of the sea” dan disiplin terkait bagi pegawai pemerintah, dan/atau profesional tingkat menengah di negara berkembang. Selama 7 tahun berlangsungnya program ini, sudah ada 70 orang yang terpilih mengikutinya dari 55 negara.

Hingga kini sudah ada 5 orang Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan ini. Sebagai negara kepulauan dengan luas laut yang signifikan, kesempatan terbuka lebar untuk Indonesia. Mungkin tahun
ini adalah kesempatan Anda.

Program ini terdiri dari dua tahap, tahap pertama (6 bulan) adalah melakukan penelitian di salah satu dari 42 institusi maritim terkemuka di 21 negara (Asia, Australia, Eropa atau Amerika). Melalui penelitian
ini, peserta diharapkan dapat menghasilkan sebuah tulisan ilmiah (100an halaman) berdasarkan proposal yang diajukan ketika mendaftar.
Tahap kedua adalah magang di Markas PBB di New York (3 bulan). Semua dana ditanggung, allowance lebih dari USD 3000 per bulan, which is really good.

Untuk ini, kandidat diminta membuat proposal sesuai dengan template yang tersedia dan menyertakan dokumen lain termasuk nominasi dari institusi yang tidak terlalu sulit untuk dipenuhi. Silahkan lihat
http://www.un.org/Depts/los/nippon/ untuk informasi lebih lanjut.

Semua persyaratan ada di http://j.mp/oVrM6V. Silakan baca yang teliti dan jika ada pertanyaan SPESIFIK dan TIDAK ADA di website, silakan kontak saya atau alumni lainnya.

Silahkan persiapkan segala sesuatunya, deadline: 15 September 2011.
Please check the website regularly.

Demikian, semoga bermanfaat.
Andi – UN-Nippon Fellow 2007/2008 (Alumni Representative/President 2008-2009)

PS. Informasi lain yang mungkin berguna:

http://www.unfalumni.org/ (website alumni)
http://www.borderstudies.info/?p=94 (catatan pribadi saya selama mengikuti program ini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here