Pelantikan Prof.Dr Maswardi M. Amin sebagai Rektor UMRAH Definitif oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh di Gedung Kemdikbud, Senin (14/5)

TANJUNGPINANG (BP) – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh melantik Prof DR Maswardi M Amin MPd jadi rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) defenitif, Senin (14/5) di lantai 3 gedung A Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).  Pelantikan Maswardi yang sebelumnya dipercaya pejabat sementara Rektor UMRAH ini, bersamaan dengan pelantikan rektor Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Papua, dan Direktur Politeknik Pertanian Negeri Merauke.

Usai dilantik, Maswardi mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan doa dari masyarakat Kepri. Sebab, dari empat perguruan tinggi negeri yang baru di Indonesia, baru Rektor UMRAH yang dilantik definitif.

Tiga universitas lain yang rektornya belum dilantik itu yakni Universitas Bangka Belitung, Universitas Musamus di Papua, dan Universitas Borneo di Samarinda.

Langkah berikutnya setelah definitif, Maswardi mengemukakan akan memperjuangkan sembilan program disiplin (prodi) baru. Sembilan prodi baru itu sudah di Direktorat Jenderak (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas. “Kita akan terus dorong dan dorong, supaya prodi baru itu cepat disetujui,” ujarnya.

Sembilan prodi baru yang diajukan itu di antaranya Prodi budidaya perikanan, teknologi hasil perikanan, pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan matematika, pendidikan Kimia. Terus ada lagi, ilmu hukum, pendidikan biologi, manajeman, dan pemanfatan sumber daya perikanan. ”Yang pasti, prodi baru itu sesuai kebutuhan perkembangan masyarakat,” ujarnya.

Hadir dalam pelantikan Rektor Umrah ini, Ketua DPRD Kepri M Nur Syafriadi, anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) daerah pemilihan Kepri Aida Ismeth, Wakil Yayasan Pendidikan Kepri Fahmi Fikri yang juga anggota DPRD Kepri, dan undangan lainnya.  Fahmi Fikri berharap, perjuangan penambahan prodi baru harus digesa untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ditamatkan UMRAH.

Prioritas Program Rektor Kedepan

Disinggung mengenai apa saja yang menjadi program dirinya kedepan, serta pesan-pesan yang diberikan oleh mendikbud, Prof. Dr. Maswardi M. Amin mengatakan, ada dua hal penting yang akan dilakukanya kedepan.
Yang pertama terkait dengan penataan Sumber Daya Manusia (SDM) di UMRAH, khususnya untuk pengajuan para dosen dan pegawai yang statusnya belum Pegawai Negeri Sipil (PNS).
“Meskipun bertahap proses pengangkatan ini, tetap akan kami ajukan ke kementrian. Apalagi Mendikbud meminta agar UMRAH ke depan bisa menata SDM-nya,” ujarnya.
Program kedua, kata Maswardi, adalah mengedepankan studi-studi yang berkaitan denga kemaritiman. Artinya, sebagai akademisi UMRAH diharapkan dapat memberikan pengaruh dan buah pemikiran ilmiahnya untuk pengembangan dan pembangunan Provinsi Kepri ke depan.
“Apalagi Kepri ini merupakan daerah yang mayoritas kelautan,” imbuhnya.
Selain beberapa program tersebut, dirinya juga mulau berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, terkait kepindahan kampus UMRAH ke Dompak. Rencananya akan ada tiga fakultas yang akan pindah dan menempati kampus baru di Dompak.
“Tapi kepindahan ke Dompak juga tergantung pemerintah Kepri. Kalau bangunanya sudah siap, kami akan ikut pindah juga,” tukasnya mengakhiri.

sumber : (Batampos/Tanjungpinangpos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here