Dekan Fakultas Teknik UMRAH, Prof. Ir.Chairul Saleh, M.Sc, Ph.D menerima Trofi Juara Unggulan TTG dari Ketua Panitia Gelar TTG. dk / Mazpram HumasKepri

Batam, umrah.ac.id– Sivitas Akademika UMRAH kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Tim dari Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) berhasil meraih juara pertama Unggulan Teknologi Tepat Guna pada iven Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (GTTG) XIV di Batam, (14/10). Prestasi tersebut diraih oleh Tim FT UMRAH melalui alat Pengering Ikan Serbaguna bertenaga Surya.

Prestasi tersebut sekaligus mengukuhkan Provinsi Kepri sebagai Juara Unggulan Kategori Teknologi Tepat Guna karena Tim Inventor FT UMRAH juga sebagai wakil dari Provinsi Kepulauan Riau pada Iven yang dibuka oleh Menkopolkam Djoko Suyanto 11 Oktober lalu. Juara Kedua diraih pula oleh Provinsi Aceh dan Juara Ketiga diraih oleh Provinsi Sumatera Barat pada Gelaran Teknologi Tepat Guna Nasional yang berlangsung selama lima hari di kawasan Harbour Ray, Batuampar tersebut.

Alat Pengering Ikan Serbaguna bertenaga Surya yang diciptakan oleh Tim Fakultas Teknik UMRAH yang dipimpin oleh Dekan FT UMRAH Prof. Ir. Chairul Saleh, M.Sc, Ph.D.   Menurut mereka Alat pengering Ikan berbasis Tenaga Surya untuk berguna dalammenciptakan sistem Pengeringan Ikan yang lebih higienis yang memenuhi kaidah Green Technology.

Alat pengering Ikan yang  berbasis tenaga surya ini memiliki prinsip kerja menyerap sinar radiasi matahari yang menembus tutup bahan kaca dan memanaskan plat kolektor berwarna hitam buram yang terletak di bawahnya. Kemudian Panas yang dihasilkan oleh Plat Kolektor akan dihantar melalui sistem aliran udara menuju ruang pengering yang terdiri dari lapisan rak bertingkat. Menurut Tim FT UMRAH, Alat yang mereka ciptakan ini lebih higienis  dan tepat guna dalam penerapan nanti karena  ikan yang dijemur nanti berada dalam ruangan tertutup sehingga bebas dari lalat dan debu, serta sangat cocok digunakan oleh masyarakat pesisir.(dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here