TANJUNGPINANG(umrah.ac.id)-. Universitas Maritim Raja Ali Haji memperoleh hibah dari Dirjen Dikti Kemdikbud di tahun 2012 untuk melakukan Penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi  (KBK) Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Ilmu Kelautan. Kegiatan  Workshop tersebut diselenggarakan pada Jum’at,  19 Oktober  dan berakhir Minggu, 21 Oktober 2012 bertempat di hotel Aston Tanjungpinang. Workshop ini diikuti masing-masing dosen dari kedua Jurusan tersebut.

Tujuan kegiatan yang diselenggarakan kedua Jurusan unggulan di UMRAH ini bertujuan untuk lebih menajamkan lagi Sasaran Kurikulum yang ingin disusun sehingga relevan dengan Situasi dan Kondisi di masa kini dan masa mendatang sehingga bisa menghasilkan alumni dengan kompetensi yang tinggi.

Selain itu hal ini merupakan amanat Peraturan Pemerintah No. 17/2010, Pasal 97 menyatakan bahwa kurikulum perguruan tinggi dikembangkan dan dilaksanakan berbasis kompetensi (KBK). Pernyataan ini menegaskan Kepmendiknas No. 232/U/2000  tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, serta No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Pada rangkaian kegiatan Workshop Hari Pertama, Jum’at(19/10) berlangsung Seminar KBK yang menghadirkan Narasumber  Ir. Endrotomo, MT .Ars  dari Institut Teknologi Sepuluh September (ITS)  yang juga menjabat sebagai ketua Tim KBK-KKNI Dirjen Dikti yang membahas tentang Cara mendesain Kurikulum berbasis Kompetensi  dan materi Kerangka Kualifikasi Nasional (KKNI).

Endrotomo juga menyampaikan bagaimana  mewujudkan Pembelajaran Student Centered Learning (SCL). Menurut Endrotomo dalam presentasinya di hadapan para dosen TI dan IKL, SCL ini bertujuan untuk meningkatkan rasa  antusiasme mahasiswa untuk melakukan Pembelajaran Mandiri  secara baik dan berkelanjutan. Dalam metode SCL ini dosen berperan sebagai fasilitator dan motivator,  sehingga Mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan dirinya secara kognitif, psikomotorik, serta afektif secara utuh.

Di Hari esoknya, Sabtu (20/10) dilangsungkan Workshop Penyusunan Kurikulum dengan narasumber Dr. Ir. Inggriani Liem dari Institut Teknologi Bandung (ITB)  untuk jurusan TI dan Sofyan Husein Siregar, Ph.D dari Universitas Riau untuk Jurusan IKL masing-masing di ruangan terpisah.

Perubahan Kurikulum yang dilaksanakan dalam Workshop di tahun 2012 ini kemungkinan akan dapat diimplementasikan di tahun 2014, dengan mempertimbangkan masa peralihan kurikulum lama yang masih ditempuh mahasiswa.(dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here