Para Peserta Pelatihan Administrasi Akademik PTN mendengarkan Pemaparan Materi dari Tim Untan. dk/ Adi Pranadipa, umrah.ac.id

TANJUNGPINANG-Pengelolaan Administrasi Perguruan Tinggi yang baik di era Teknologi dan Informasi saat ini menjadi sebuah keniscayaan. Untuk Mencapai kualitas pegelolaan dan Pelayanan Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan kerjasama yang baik perlu dilakukan suatu Peningkatan kemampuan bagi para Unsur pelaksana Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama di setiap unit kerja dalam Universitas, terutama bidang Akademik di tingkat Universitas dan Fakultas.

Berangkat dari titik tolak tersebut, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menyelenggarakan pelatihan Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja sama (AAKS) PTN untuk meningkatkan kemampuan manajerial Pelayanan AAKS yang ditaja oleh Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama, bertempat di Hotel Aston Tanjungpinang, Sabtu(20/10).

Pelatihan yang menghadirkan narasumber dan Universitas Tanjungpura di hari pertama dan tim Dirjen Dikti di Hari kedua ini diikuti oleh 58 Orang perserta yang berasal dari setiap unit kerja di lingkungan UMRAH. Pelatihan yang dimulai dari Tanggal 20 Oktober 2012 ini akan berlangsung hingga 21 Oktober 2012.

Narasumber di hari pertama, tim Untan, yang terdiri dari Kepala BAAK Untan, Drs. Mansyur dan Sirhan, S.Kom menyampaikan materi seputar pengelolaan Administrasi Akademik Kemahasiswaan yang sudah diterapkan di Untan. Materi yang disampaikan berkisar tentang bagaimana dalam Administrasi Akademik yang diterapkan di Untan sudah didukung dengan Sistem Informasi yang memberikan efisiensi dan efektivitas dalam Pelaksanaan Pelayanan kepada Mahasiswa.

“Sistem informasi yang telah kami implementasikan di untan ini berbasis web, dan memiliki integrasi antara satu dengan yang lainnya, termasuk host to host dengan Bank yang telah menjalin kerjasama dengan kami” Jelas Sirhan. Ia menambahkan kalau inisiatif sistem informasi ini mulanya merupakan ide Rektor UMRAH saat ini, Prof. Maswardi.

Drs. Mansyur dalam presentasinya memaparkan bagaimana pengelolaan kesejahteraan mahasiswa dilakukan di Untan. Pengelolaan tersebut termasuk pengelolaan Rumah Susun bagi Mahasiswa (Rusunawa) bagi  mahasiswa Untan yang berasal dari luar daerah.

“Pengelolaan Beasiswa juga di Untan juga dimudahkan dengan Sistem Informasi, selain itu juga Pilihan beasiswa yang ditawarkan kepada Mahasiswa juga beragam, baik dari Dikti seperti bidikmisi, Dari CSR Perusahaan-perusahaan melalui kerjasama yang kami lakukan dengan Pihak-pihak Perusahaan dan Bank” Kata Mansyur.

“Apa yang kami sampaikan ini semoga bisa menjadi inspirasi dan pemahaman bagi UMRAH dalam perencanaan membangun Sistem Informasi dan Pengelolaan Kesejahteraan Mahasiswa di lingkungan UMRAH” ujarnya mengakhiri presentasinya di hadapan peserta.

Esoknya di Hari ke-2, Minggu, 21 Oktober 2012, Narasumber yang akan memaparkan materi adalah dari Dirjen Dikti mengenai Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) pengganti EPSBED (dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here