Rombongan UPNM berfoto bersama dengan Pihak UMRAH. f/.Adi Pranadipa/umrah.ac.id

Tanjungpinang(umrah.ac.id) – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mendapatkan lawatan dari Universiti Pertahanan Nasional Malaysia (UPNM), Selasa (13/11). Tujuan dari lawatan UPNM ini dimaksudkan untuk menjalin silahturahim dengan UMRAH karena masih dalam satu rumpun melayu.

Rombongan dari UPNM ini terdiri dari 14 orang mahasiswa UPNM yang tergabung dalam Majelis Perwakilan Pelajar yang dipimpin oleh Wan Noor Hidayat wan Muhammad selaku ketua rombongan ,didampingi oleh 2 orang staff Penasihat Majelis perwakilan Pelajar UPNM. Lawatan ini merupakan program Lawatan Antarabangsa Pemimpin Pelajar UPNM.

Rombongan diterima oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. Mohammad Zen, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH, Winny Retna M.Sc, Wakil Dekan I FIKP UMRAH, Tengku Said Razai’, MP, Kepala Bagian Kemahasiswaan UMRAH, Andy Zulfikar, Dekan FISIP UMRAH, Dr. Rumzi Samin, dan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Drs. Suhardi, M.Pd.

Dari pihak Badan Eksekutif Mahasiswa UMRAH dihadiri oleh Anggota BEM FIKP UMRAH, BEM FISIP UMRAH, Coral FIKP UMRAH, Ocean Blue Diving Club FIKP UMRAH, dan Resimen Mahasiswa.

Wan Noor Hidayat mengatakan bahwa mengapa UMRAH menjadi tujuan lawatan Antarabangsa ini adalah karena Tanjungpinang ini masih satu rumpun melayu dengan malaysia.

“UMRAH berada di Wilayah yang satu rumpun dengan kami orang melayu di Malaysia dan juga karena UMRAH merupakan Universitas Maritim, dan kami (UPNM) juga memiliki Fakulti Teknologi Maritim” Kata Wan Noor Hidayat.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Wan Noor Hidayat, Prof Zen mengatakan bahwa melayu malaysia dan Tanjungpinang ini merupakan satu rumpun yang saling bersaudara.

“Melayu Serumpun itu perlu saling menghargai, tidak ada yang lebih rendah, ibarat kata peribahasa melayu, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi” Kata guru besar di bidang Antropologi tersebut.

Kemudian Prof. Zen memberikan buku berjudul “Orang Laut” yang ditulisnya kepada Wan Noor Hidayat untuk disampaikan kepada Rektor UPNM.

“Terima kasih atas buku yang berjudul orang laut atau sea nomad ini, hal ini juga lah yang membuat rektor kami menyuruh kami untuk mengunjungi  UMRAH, karena beliau sangat tertarik dengan Topik seperti ini dan kami akan sampaikan buku ini kepada beliau” ujar Wan Noor Hidayat usai menerima buku yang diberikan.

Usai Perkenalan Rombongan UPNM dan Mahasiswa UMRAH, Mahasiswa UMRAH kemudian mengajak Rombongan UPNM untuk berkeliling Kampus UMRAH Senggarang, lalu mendampingi rombongan melakukan lawatan ke Makan Daeng Marewa dan Daeng Celak yang terltak teidak jauh dari Kampus UMRAH Senggarang(dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here