Rombongan Tim Kesenian UMRAH tiba di Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Malaysia , Senin (27/5). Dari johor Rombongan Tim Kesenian UMRAH akan bertolak ke Pahang menggunakan bus yang disediakan oleh UMP. (foto/Adi Pranadipa/umrah.ac.id)
Rombongan Tim Kesenian UMRAH tiba di Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, Malaysia , Senin (27/5). Dari johor Rombongan Tim Kesenian UMRAH akan bertolak ke Pahang menggunakan bus yang disediakan oleh UMP. (foto/Adi Pranadipa/umrah.ac.id)

PAHANG (umrah.ac.id) – Sekitar  40 orang mahasiswa yang tergabung dalam tim kesenian Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) bertolak ke Pahang Malaysia, Senin (27/05). Rombongan tim Kesenian membawa misi Kebudayaan Melayu dan juga membawa nama negara Indonesia. Rombongan yang terdiri dari mahasiswa UMRAH yang tergabung dari berbagai Jurusan di UMRAH ini akan menampilkan beberapa penampilan Seni Budaya Melayu yang terdiri dari tari, Musik tradisi, Teatrikal puisi, Tari dan juga Gurindam .

Turut bersama  bersama rombongan beberapa pejabat UMRAH  yaitu  Ketua Dewan Pengawas UMRAH, Prof. Dr. Mohammad  Zen,  Ketua Dewan Pertimbangan Prof. Dr. Mohammad Saad, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UMRAH, Dadang Soleh, MT,  Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMRAH, H. Abdul, Malik, M.Pd, Falmi Yandri, Ketua Rombongan yg menjabat sebagai Plh. Ketua Program Studi Ilmu Kelautan dan Perikanan,  Koordinator Rombongan , M. Harzan Syah, M.Ak yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik UMRAH dan beberapa staff UMRAH yang bertugas sebagai koordinator.

“Rektor UMRAH akan menyusul langsung dari Jakarta Senin Malam melalui penerbangan dari Cengkareng menuju Subang, KLIA” ujar Harzan. Harzan juga menyampaikan bahwa Lawatan Muhibah  ini juga merupakan lawatan balasan dari UMP yang sebelumnya sudah mengunjungi UMRAH pada Desember tahun lalu.

Rombongan Seni Mahasiswa UMRAH ini berangkat dari Tanjungpinang menuju Johor Bahru, perjalanan menuju  johor ini memakan waktu 3 jam perjalanan. Sesampainya di Johor, tepat di terminal Fery Stulang Laut, dua Bus yang disediakan oleh UMP telah menunggu rombongan sudah siap untuk mengantar rombongan UMRAH dari johor menuju Bandar Gambang, tempat dimana Kampus UMP berada.  Turut serta Rombongan Silat UMRAH yang sebelumnya berlaga di Kejohanan Silat Universitas se-Asia UPSI di Perak, sehingga rombongan berjumlah kurang lebih 50 orang.

Perjalanan yang cukup lama ditempuh rombongan karena selain jarak yang juga jauh, sudah menjadi aturan di malaysia kalau bus yang melakukan perjalanan jauh harus berhenti 2 jam sekali untuk beristirahat dan makan. Rute yang ditempuh dari Johor adalah melalui Rute Pesisir timur yang melewati Kuala Rompin, Mersing , Pekan hingga menuju Gambang. Tepat Pukul 08.00 malam waktu Malaysia, Rombongan UMRAH sampai di gedung Kanseleri (Rektorat) UMP di Gambang untuk Jamuan Makan malam atau Welcoming Dinner.

Timbalan Naib Chacellor (red. Wakil Rektor) Hal Ehwal pelajar dan Alumni  UMP, Prof. Dr. Yuseriee bin Zainudin menyampaikan sambutan selamat datang ekapda rombongan UMRAH, Senin (27/5)
Timbalan Naib Chacellor (red. Wakil Rektor) Hal Ehwal pelajar dan Alumni UMP, Prof. Dr. Yuseriee bin Zainudin menyampaikan sambutan selamat datang ekapda rombongan UMRAH, Senin (27/5)

Sesampainya di  UMP, Rombongan UMRAH disambut oleh Timbalan Naib Chacellor (red. Wakil Rektor) Hal Ehwal pelajar dan Alumni  UMP, Prof. Dr. Yuseriee bin Zainudin. Beliau beserta mahasiswa yang hadir memenuhi ruang jamuan kanselori lantai 2 tersebut menyambut baik kedatangan Rombongan UMRAH ke UMP. Kedatangan  perdana UMRAH ini ke UMP selain sebagai Lawatan Budaya juga sebagai upaya UMRAH dalam merintis kerjasama antar Universitas serantau. Dalam Sambutannya Prof. Yuseriee mengungkapkan ketertarikan yang besar akan sejarah Pahang yang dulu menjadi satu kerajaan, Riau-Lingga-Johor-Pahang.

“Saya lahir dan tinggal di Pahang, namun disini amat sangat sedikit maklumat mengenai sejarah Pahang dari masa dahulu, ketika masih satu kerajaan dengan Riau-Lingga, maka kami amat bersuka cita dengan kedatangan UMRAH, semoga dapat menjelaskan kepada kami tentang bagaimana sejarah negeri pahang ini” ujarnya.

Prof. Yuseriee juga menyampaikan bahwa apabila ada pelayanan yang kurang baik dari pihak UMP ke UMRAH maka ia dan segenap warga UMP memohon maaf terlebih dahulu. Acara Jamuan makan malam tersebut diakhiri dengan penampilan khusus melalui Persembahan Akustik dari tim kesenian UMRAH. Selanjutnya Rombongan UMRAH dihantar menuju Kolej Kediaman Pelajar Antarabangsa,  tempat dimana rombongan akan menginap dan mempersiapkan diri jelang persembahan utama pada kamis(31/5) malam di Dewan Astaka UMP.(dip)  

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here