Rektor melantik salah satu Wisudawan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. (Foto: Adi Pranadipa)
Rektor melantik salah satu Wisudawan dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. (Foto: Adi Pranadipa)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) tahun ini melantik 491 orang wisudawan dan wisudawati di Basement Hall Mesjid Agung Kepulauan Riau di Pulau Dompak, Kamis (26/9). Wisuda ke-4 yang bersempena Dies Natalis UMRAH ke-6 ini  juga dihadiri oleh Gubernur Kepri HM. Sani, Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, Wakil Ketua DPRD Kepri, Iskandarsyah, Konsorsium Pendiri UMRAH, Wakil Rektor IV Untan, dan Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan Kepri. Orasi Ilmiah pada Wisuda Sarjana ke-4 ini diisi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Dr. Akil Mokhtar.

Dalam Laporannya Rektor UMRAH Selaku Ketua Senat UMRAH memaparkan perkembangan Umrah sebagai Universitas Negeri yang sudah berlangsung selama setahun terakhir. Jumlah Alumni dan mahasiswa dari tahun ke tahun mengalamai peningkatan. Terhitung Agustus 2013, Jumlah Alumni Umrah sudah sebanyak 1189 orang dan jumlah keseluruhan mahasiswa Umrah mencapai 7303 Orang.

“Perkembangan ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu menghasilkan SDM yang berkualitas untuk Kepulauan Riau,” ucap Rektor dalam Laporannya kepada hadirin yang memadati Hall Mesjid Dompak tersebut.

Kepada masing – masing Wisudawan tahun ini, Umrah memberikan dua Predikat, yakni Predikat memuaskan dan sangat memuaskan.

“Selamat kepada para wisudawan, semoga mampu mengemban dan mengamalkan Tri Darma Perguruan Tinggi,”  harapan Rektor kepada para wisudawan.

Dalam hal kerjasama, Umrah juga sudah melakukan MOU dengan beberapa universitas ternama di Indonesia, seperti IPB, ITB, dan UNS untuk mendukung Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan juga sebagai bantuan untuk meningkatkan kapasitas UMRAH dengan memperbantukan beberapa orang Tenaga Pendidik dari IPB, ITB, dan UNS.

Gubernur Setujui Permintaan Bus UMRAH

Sementara itu di kesempatan yang sama Rektor juga mengajukan Permintaan khusus kepada Gubernur Kepri HM Sani untuk tambahan empat buah armada Bus untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan Transportasi Mahasiswa ke Kampus UMRAH dompak dan Senggarang. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 7303 orang jumlah bus yang ada kurang memadai untuk memberikan layanan maksimal kepada mahasiswa.

“Semoga Bapak Gubernur bisa membantu 4 buah bus mahasiswa dari dana APBD Provinsi Kepri,”  ujar Maswardi.

Gayung pun bersambut. Gubernur Kepri dalam Sambutannya menyanggupi permintaan Rektor UMRAH untuk memberikan bantuan 4 buah bus operasional mahasiswa UMRAH.

Kemudian  Gubernur Provinsi Kepri HM Sani dalam sambutannya mengingatkan kepada para Alumni, agar intelektualitas selalu diimbangi dengan spiritual, pemahaman budi pekerti dan akhlak yang baik. Sehingga kecerdasan yang dimiliki bisa lebih kearah positif dan membangun dalam penggunaannya.  Ditegaskan Sani, bahwa sejak awal Pemerintah Provinsi Kepri telah menjadikan pendidikan sebagai sektor utama dalam pembangunan. Bahkan sejak dua tahun lalu, Kepulauan Riau telah tuntas menyelenggarakan wajib belajar (Wajar) 9 tahun. Dan diharapkan hingga tahun 2015 nanti Kepri juga sudah menuntaskan Wajar 12 tahun.

Wisudawan yang diwisuda kali ini berjumlah 493 orang terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 237 orang, Fakultas Ekonomi 94 orang, Fakultas  Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan 67 orang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan 60 orang, dan Fakultas Teknik 35 orang. (dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here