Webometric telah merilis Peringkat Webometrics edisi Januari 2014, Rabu (12/02) di laman resmi www.webometrics.info . Website Universitas Maritim Raja Ali Haji (www.umrah.ac.id) dalam Peringkat Webometrics Edisi Januari 2014 ini tercatat menempati peringkat  147 dari 410 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang masuk dalam indeks peringkat webometrics yang dinilai setiap enam bulan sekali.

Berada di peringkat 147, website UMRAH mengalami lonjakan peringkat yang sangat drastis. Sebelumnya, di Webometrics edisi Juli 2013 posisi website UMRAH berada pada peringkat 230. Jika ditilik dari posisi di peringkat sebelumnya, lonjakannya langsung 83 Peringkat. Lonjakan ini juga mengukuhkan posisi Ranking website UMRAH sebagai posisi teratas di wilayah Kepulauan Riau, melampaui kampus-kampus lainnya. Jika dilihat secara nasional, rangking Website UMRAH dalam Webometrics Edisi Januari 2014 ini menyalip peringkat beberapa perguruan tinggi yang telah lama berdiri seperti, STAN, Universitas Bung Hatta, Politeknik Negeri Jakarta, dan lain-lain.

Webometric adalah suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut.  Sejak Tahun 2012, Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, yaitu: Presence (20%), Impact (50%), Openness (15%), dan Excellence (15%). Untuk parameter Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (tahun 2003-2012) dan di Google Scholar (tahun 2007-2012).

Presence adalah jumlah halaman website (html) dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (Google), tidak termasuk rich files. Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari (Google Scholar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here