Gunung SInabung dilihat dari Area Pengungsian yang berjarak 15 km dari kaki gunung. f.Agus/mahapala UMRAH
Gunung Sinabung dilihat dari Area Pengungsian yang berjarak 15 km dari kaki gunung. f.Agus/mahapala UMRAH

umrah-ac.id(Karo)-Bencana erupsi gunung Sinabung di Sumatera Utara memberi kan dampak yang berkepanjangan untuk seluruh masyarakat desa Sigarang Garang, sukaneria  sekitarnya yang berjarak sekitar  500 meter  hingga 1 Kilometer dari kaki gunung Sinabung. Hal ini memantik perhatian dari kalangan perguruan tinggi, khususnya Mahasiswa Pencinta alam dari berbaagai daerah di Indonesia untuk turun bersama menjadi relawan.

Dari Kepulauan Riau,  Tim relawan Mahapala UMRAH didampingi dengan Mapala STAI MU Tanjungpinang dan Mapala Hang Tuah Stisipol Raja Haji Tanjungpinang turut serta bergabung.  Sejak Rabu(12/2) relawan pecinta alam yang sudah bergabung dari berbagai daerah terdiri dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Pekanbaru . Para Relawan ini tergabung dalam satu posko yang berada di Universitas Karo II yang berada di kota kota Kabanjahe, Kabupaten  Karo yang mmiliki radius 15 Kilometer dari kaki gunung Sinabung. Tim relawan Mahapala UMRAH terdiri dari 3 orang personil. Total relawan pecinta alam nasional yang tergabung dalam aksi sosial ini kurang lebih 60 orang.

Keadaan Pengungsian di UK II ini terbilang paling ramai dari pengungsian lainnya yang berada di Masjid agung dan Paroki Kabanjahe. Ada sekitar ribuan jiwa dan ribuan anak-anak yang mengungsi  di UK II ini.

Banyak hal yang dilakukan Relawan Nasional dari kalangan Mahasiswa Pecinta Alam perguruan tinggi ini di area pengungsian. Seperti membuat Saluran air wudhu dan tempat pencucian baju para pengungsi, membuat parit agar tidak jadi sarang penyakit. Lalu melaksanakan Trauma Healing, yaitu penyelenggaraan berbagai kegiatan untuk menghilangkan trauma pada pengungsi. Kemudian melaksanakan kegiatan nonton bareng dan Belajar Mengajar pada setiap malamnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari di area pengungsian. Tim Relawan sepakat untuk mengakhiri kegiatan sosial pada Kamis, 20 Februari 2014. Pada tanggal tersebut juga akan diserahkan logistik dari sumbangan segenap masyarakat Kepulauan Riau yang terkumpul selama aksi mapala se-kepri beberapa waktu lalu di Simpang Pamedan, Tanjungpinang.(Mahapala UMRAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here