Tidak diterima di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bukan berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kursi PTN. Masih ada jalur kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2014.

Kepala Humas Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) , Rafky Rasyid, SE, MM mengatakan bahwa SBMPTN merupakan Seleksi yang digelar serentak secara Nasional yang didasarkan pada ujian tulis dan ujian keterampilan untuk jurusan olahraga dan seni.

“Pendaftaran secara online sudah dibuka sejak 12 Mei dan akan berakhir pada 6 Juni. Sedangkan ujian tertulis akan dilaksanakan tanggal 17 Juni 2014 secara serentak oleh PTN yang tergabung dalam SBMPTN ini.”  Jelas Rafky kepada umrah.ac.id, Rabu(28/6).

Kemudian ia mengemukakan bahwa lokasi Ujian tertulis ini akan dilaksanakan di dua tempat, Tanjungpinang dan Batam. Tahun ini, Umrah secara resmi ditetapkan sebagai Panitia Lokal Pelaksana SBMPTN. Berbeda dengan tahun lalu yang masih berstatus Sub Panitia Lokal. “Informasi lengkap tentang SBMPTN dapat diakses di laman sbmptn.or.id. Di kampus Dompak dan Senggarang, kami juga telah menyediakan Desk Pendaftaran SBMPTN lengkap dengan Petugas pelayanan untuk mempermudah Pendaftaran Online SBMPTN Calon mahasiswa ”  kata Rafky.

Rafky mengungkapkan, sampai saat ini, pendaftar yang sudah masuk dan akan mengikuti seleksi SBMPTN sudah mencapai 1.149 orang. Namun, ia mengatakan, dari jalur ini akan diterima sebanyak 450 orang. Sedangkan, untuk jalur ketiga yakni, seleksi mandiri akan diterima nantinya sebanyak 300 orang.

“Untuk jalur mandiri ini akan dilaksanakan setelah pengumuman SBMPTN. Namun sampai saat ini belum jadwalnya belum dipastikan. Nanti, kalau sudah dipastikan akan kita umumkan,”  pungkasnya. (dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here