Mendikbud Lantik Beberapa Pimpinan PTN dan Pejabat Eselon 2 di Lingkungan Kemdikbud termasuk Rektor UMRAH yang baru, Prof. Syafsir Akhlus.

Jakarta – Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) M Nuh melantik Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc sebagai rektor UMRAH, kamis(19/6), di Graha Kemdikbud Jakarta. Prof. Syafsir Akhlus menjadi rektor definitif yang meneruskan sisa masa jabatan 2012-2014 menggantikan Prof. Dr. Maswardi  M. Amin, M.Pd yang meletakkan jabatan beberapa waktu lalu.

Kepala Humas UMRAH, Rafki Rasyid mengabarkan kepada umrah.ac.id, pelantikan sekaligus serah terima jabatan tersebut dihadiri oleh Maswardi M Amin didampingi Wakil Rektor I, Muzahar, M.Si dan Wakil Rektor II, Dr. Rumzi, Kepala BAKK UMRAH, Akhirman, sejumlah dosen dan staff UMRAH, serta jajaran pejabat tinggi di lingkungan Kemendikbud.  Sebelumnya Prof. Akhlus ini menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) di Konsulat Jendral Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Perancis. Pelantikan tersebut juga disejalankan dengan pelantikan beberapa pimpinan PTN dan Pejabat Eselon 2 di lingkungan Kemdikbud.

Dalam sambutannya, Mendikbud berpesan agar para pimpinan PTN dapat terus memberikan perhatian secara khusus terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi. Para mahasiswa hendaknya diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mampu mengeksplorasi potensi yang dimiliki, baik potensi akademik, sosial, dan kepemimpinan.

Sebelumnya, civitas akademika UMRAH menggelar acara perpisahan dengan Prof. Maswardi M Amin di auditorium Kampus UMRAH di Dompak, Tanjungpinang, Senin (16/6). Perpisahan  berlangsung haru dan dihadiri oleh dosen, staf dan keluarga besar UMRAH.

Prof. Maswardi berpamitan untuk pulang ke Pontianak, Kalimantan Barat dan kembali mengajar di Universitas Tanjungpura tempat asal beliau meniti karir akademiknya. “Prof Maswardi merupakan figur pemimpin yang peduli pada kemajuan UMRAH. Banyak prestasi gemilang selama tujuh tahun kepemimpinannya.” Ungkap Rafky.

Sementara rektor baru, Syafsir Akhlus, merupakan guru besar Bidang Kimia Fisika dan Fotokimia dan pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Teknologi Sepuluh november (ITS) Periode 2003-2007 dan Sekretaris Pusat Penelitian Komputer dan Sistem Informasi pada Lembaga Penelitian ITS (1999 – 2003). Beliau juga merupakan Putra Daerah kepulauan Riau, terutama Bintan dan Tanjungpinang.

Gelar sarjana kimia (Drs) ia peroleh di Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat (1979-1985), magister (MSc) di Institut Teknologi Bandung (ITB) (1985-1988) dan S3 dengan gelar Docteur Specialite Genie des Procedes dari Institut National Polytechnique de Lorraine (INPL), Prancis.

Akhlus mengecap pendidikan dasar dan menengah di Kepri yakni di SDN 2 Tanjung Uban (1968-1972), SMPN Tanjung Uban (1973-1975), dan SMAN 1 Tanjungpinang (1976-1979).  (dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here