Simulasi terbatas CAT UMRAH di lab komputer Fakultas Teknik. F. Adi Pranadipa/umrah.ac.id
Simulasi terbatas CAT UMRAH di lab komputer  Fakultas Teknik. F. Adi Pranadipa/umrah.ac.id
Simulasi terbatas CAT UMRAH di lab komputer Fakultas Teknik. F. Adi Pranadipa/umrah.ac.id

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) pada Satuan kerja Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) tahun 2014 ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Berbeda dengan Aplikasi CAT instansi lainnya yang menggunakan aplikasi CAT dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), sistem yang akan digunakan untuk penerimaan CPNS UMRAH ini berasal dari sistem Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digunakan Laboratorium Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) yang berada dibawah naungan Kemdikbud.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komputer (Pusat TIK) UMRAH, Martaleli Bettiza mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan tes CPNS dengan sistem CAT, UMRAH akan menyiapkan dua buah laboratorium Komputer Fakultas Teknik UMRAH di Senggarang sebagai lokasi tes CAT pada saat dilaksanakannya tes CPNS.

“Kami menyiapkan PC sebanyak 50 unit untuk digunakan pada tes berbasis CAT nanti. Saat ini secara terbatas simulasi CAT sudah kami mulai sejak 22 Agustus” ujar dosen Fakultas Teknik ini kepada umrah.ac.id, Senin (25/08).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lab Fakultas Teknik, Tekad Matulatan, mengatakan bahwa kesiapan Laboratorium Komputer Fakultas Teknik untuk mendukung sistem ujian CAT ini sudah seratus persen siap. “Hanya saja tinggal kestabilan pasokan listrik saja saat tes dilaksanakan nanti, mengingat listrik kota Tanjungpinang yang masih mengalami mati lampu akhir-akhir ini” ujar Tekad.

Ruang Lab Kopter Fakultas Teknik yang dipersiapkan untuk Tes CAT CPNS UMRAH. f.Adi Pranadipa/umrah.ac.id
Ruang Lab Komputer Fakultas Teknik yang dipersiapkan untuk Tes CAT CPNS UMRAH. f.Adi Pranadipa/umrah.ac.id

Berkaitan dengan Formasi CPNS UMRAH, menurut staff bidang kepegawaian UMRAH, Nurlaila, saat ini ketersedian formasi CPNS UMRAH masih dalam proses di Kemdikbud.

“Menurut informasi dari laman panselnas.menpan.go.id, status Pendaftaran CPNS Kemdikbud masih dalam proses, sehingga para pendaftar mesti bersabar” ujar wanita yang akrab disapa Lala ini.

Ditambahkan Lala, setelah status Kemdikbud di laman panselnas berubah menjadi siap pendaftaran, maka calon pendaftar kemudian bisa melihat formasi apa yang tersedia lalu mendaftar ke alamat regpanselnas.menpan.go.id dengan mengisi form-form yang tertera di laman web tersebut. Setelah itu baru kemudian pendaftar bisa melakukan login di laman cpns.kemdikbud.go.id untuk melakukan pendaftaran formasi di satker yang dikehendaki.Selanjutnya semua informasi tentang pengumuman jadwal dan tempat ujian akan diumumkan di portal instansi terkait.(dip)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here