TANJUNGPINANG – Untuk menjalin silaturahmi antaruniversitas, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji kedatangan dosen tamu dari University Malaysia Kelantan, Kamis pagi, 30 April 2015, di ruang pertemuan FKIP UMRAH.

Dosen tamu yang berkunjung pada kesempatan ini ialah Prof. Dr. Datuk Wira Abdul Latif Abu Bakar. Beliau adalah dosen tamu asal University Malaysia Kelantan yang sengaja diundang oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMRAH dalam rangka menjalin silaturahmi antar kedua universitas ini.

Kedatangan guru besar dari Negeri Seberang ini disambut langsung oleh Dekan FKIP UMRAH Dr Abdul Malik, M.Pd.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari para dosen jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Mengingat pada masa lampau Indonesia dan Malaysia merupakan satu kesatuan dalam bentuk kerajaan, maka penggunaan bahasa Indonesia yang saat ini telah menjadi bahasa resmi tentunya tidak terlepas dari peran bahasa melayu.

Oleh karena itu, kegiatan ini mengangkat tema Membangun Peradaban Melayu. “Kegiatan ini baik untuk memberikan wawasan baru pada mahasiswa. Terlebih ibu berharap, sebagai calon guru, mahasiswa dapat lebih sadar untuk mempelajari, menghayati, dan mengaktualisasikan nilai budaya yg ada di nusantara, melayu khususnya. Mahasiswa kelak juga mengajarkan pada peserta didik mereka,” ungkap Titik, Ketua Prodi Pendidikan Bahasan dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar sistem pendidikan di Indonesia mengedepankan unsur lokalitas demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Sehingga pendidikan nasional nantinya benar-benar menciptakan insan manusia yg cerdas komprehensif dan kompetitif,” lanjut dosen FKIP yang terkenal ramah ini. (Intan/risalahmaritim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here