Kafilah UMRAH pada MTQM Nasional XIV di Universitas Indonesia, Depok.
Kafilah UMRAH pada MTQM Nasional XIV di Universitas Indonesia, Depok.

Depok-Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV resmi dibuka pada Sabtu (01/08/2015) di Balairung Universitas Indonesia (UI) Depok. Pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Ainun Naim bersama rektor UI Muhammad Anis. MTQMN XIV yang berlangsung pada 1 – 8 Agustus 2015 di kampus UI Depok ini mengambil tema “Membentuk Mahasiswa yang beriman, bertakwa dan Menyongsong Indonesia Emas.” Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Intan Ahmad, Walikota Depok Nurmahmudi, para perwakilan Duta Besar dari negara-negara sahabat, para Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera.

“Ini merupakan peristiwa peradaban yang besar. Banyak masyarakat di belahan dunia yang memandang agama sudah mati. Namun di sini sebaliknya, agama berkembang di dunia akademik di masyarakat akademis yang rasional, yang dapat memandang secara objektif dan melihat kebenaran,” kata Ainun dalam sambutannya seperti dilansir pada laman dikti.go.id.

Sebagai tuan rumah Muhammad Anis mengungkapkan perasaan bangga UI menjadi tuan rumah pada MTQMN kali ini. “Semangat juang menyuarakan Alquran menjadi latar belakang UI sebagai penyelenggara MTQMN ke-14. Sebagai universitas dengan menyandang nama bangsa, UI diharapkan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan dan menyatukan keberagaman, kebhinekaan yang dibangun dengan akhlak yang baik akan menciptakan masyarakat yang sejahtera.” pungkasnya.

Tidak kurang dari 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia hadir dalam pembukaan acara tersebut. Termasuk Kafilah Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang berjumlah total 20 orang, dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I UMRAH, Prof. Dr. Firdaus LN, M.Si, didampingi oleh Kepala Bagian Kemahasiswaan UMRAH, Siti Aminah, dan para dosen pendamping.

Mereka hadir disambut dengan berbagai acara menarik, seperti persembahan tari dan koor paduan suara dari unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di UI. UI berupaya menghadirkan nuansa Ukhuwah Islamiyah, salah satunya dengan menghadirkan perwakilan duta besar negara-negara sahabat, terutama negara berpenduduk mayoritas muslim dimana yang menampilkan pagelaran seni dan budaya khas masing-masing negara.(Dikti/Adi Pranadipa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here