Senggarang– Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) terus berbenah untuk mencapai visinya sebagai universitas terkemuka di indonesia berbasis kemaritiman. Untuk mencapai visi tersebut, akselerasi teknologi informasi dan komunikasi untuk tata kelola UMRAH adalah hal yang sangat mutlak.

 

peresmian-cdc
Rektor UMRAH , Prof. Syafsir Akhlus, M.Sc meresmikan penggunakan Kontainer Pusat Data UMRAH, (17/12/2015). Foto : Adi Pranadipa

Upaya akselerasi TIK ini ditandai dengan pengembangan berbagai hal menyangkut TIK seperti jaringan, server, sistem informasi dan bandwidth akses internet.  Berkelindan dengan hal tersebut, kini UMRAH sudah memiliki Pusat Data sendiri dalam bentuk kontainer atau lazimnya disebut Mobile Data Centre.

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc dalam sambutannya saat peresmian Kontainer Pusat Data ICT UMRAH, Kamis (17/12/2015) mengatakan bahwa Kontainer Pusat Data ini akan memberikan ruang yang besar bagi UMRAH untuk menyimpan berbagai macam data seperti data akademik, non-akademik. Kontainer Pusat Data ini juga menurutnya akan menjadi sarana dalam mewujudkan apa yang disebut Pusat Data Kemaritiman Indonesia.

“Bahkan kita akan menerapkan Data Mining sebagai wujud kebermanfaatan Kontainer Pusat Data ini, sebagai sarana proyeksi data apa yang dimiliki UMRAH. Karena itu teman-teman di Teknik Informatika akan diberikan tugas khusus untuk mempersiapkan penerapan data mining” Ujar Rektor.

Dr. Ir. Yusmawan, MM, Direktur PT. Baya Indonesia sebagai penyedia Kontainer Pusat Data ini, mengatakan bahwa di Indonesia hanya ada dua institusi yang menggunakan Pusat Data berbentuk kontainer ini. Pertama, Pustekom Kemdikbud, kedua, UMRAH.

“Namun yang di Pustekom hanya sebagai prototype dengan fungsi yang terbatas, lain halnya dengan UMRAH mendayagunakan seluruh fitur yang dimiliki oleh Kontainer Pusat Data ini. Dengan kata lain, UMRAH adalah kampus pertama di Indonesia yang menggunakan kontainer pusat data sebagai penyimpanan Data Centre-nya” Ujar Dr. Yusmawan.

Peresmian Kontainer Pusat Data ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor. Kemudian Rektor dan Wakil rektor I meninjau ruangan penyimpanan server dan peralatan jaringan seperti core switch, server farm switch, dan sebagainya dalam Kontainer. Piranti keamanan dari Kontainer Pusat Data ini menggunakan sistem digital lock Kartu RFID. Jumlah server yang terpasang saat ini dalam kontainer berjumlah delapan server. Total kapasitas penyimpanan berjumlah 38 Tera Byte (TB). Kontainer ini juga dilengkapi Uninteruptible Power Supply (UPS) yang mampu bertahan lima hari. Kontainer ini juga dilengkapi AC dengan kapasitas 15 PK. (ICT)

2 COMMENTS

  1. Semoga umrah menjadi universitas yang lebih maju lagi di masa yang akan datang dengan di bentuknya pusat TIk ini, kalau saya boleh memberi masukan, kalau bisa semua server dan implementasinya harus menggunakan produk lokal saja sehingga tidak gampang di hasut dari luar

    bagi anda yang ingin umrah bisa menghubungi kami di laman pribadi kami
    http://goo.gl/ohX7cg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here