Menristekdikti, M. Nasir meluncurkan secara resmi SNMPTN-SBMPTN 2016. Sumber : ristekdikti.go.id

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, secara resmi membuka peluncuran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada periode tahun 2016, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu anak-anak bangsa.

Nasir yang memukul gong sebagai pertanda secara resmi peluncuran SNMPTN dan SBMPTN tahun 2016 mengatakan, “peluncuran ini telah melalui berbagai telaah danreview dari pelaksanaan tahun sebelumnya.”

“Beberapa bagian tentu perlu ada yang diperbaiki. Salah satu kendala misalnya dalam hal jaringan, maka kami bekerjasama dengan PT. Telkom untuk konektivitas di daerah-daerah. Kemudian dari pendaftaran, ada bantuan dari Bank Mandiri maupun Bank BNI. Perbaikan-perbaikan tersebut dilakukan secara berkelanjutan,” papar Nasir dalam sambutannya di Gedung D Kemristekdikti, Jakarta sebagaimana dilansir dari laman ristekdikti.go.id (15/1).

Direktur PT. Telkom, PT. Bank Mandiri, dan PT. Bank BNI, juga berkomitmen untuk mendukung program SNMPTN dan SBMPTN ini dalam memajukan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan tinggi untuk upaya meningkatkan daya saing bangsa.

Ketua Umum Panitia Nasional SNMPTN dan Panitia Pusat SBMPTN 2016, Rochmat Wahab mengatakan, “saya berharap ini dapat menjadi satu titik temu untuk mencari mutiara yang ada di sekolah-sekolah seluruh Indonesia, agar capaian ke tahap selanjutnya yaitu Perguruan Tinggi dapat menjadi lebih baik.”

Jumlah alokasi daya tampung pada setiap program studi untuk ketiga jalur seleksi pada tahun ini yaitu, SNMPTN minimum 40%, SBMPTN minimum 30%, dan Seleksi Mandiri memiliki kuota penerimaan maksimum 30%. Jika pada tahun 2015 yang mengikuti SNMPTN sebanyak 65 PTN, pada tahun ini bertambah menjadi 78 PTN.

Menristekdikti juga menambahkan bagi anak-anak Bidikmisi, juga bisa mengikuti SNMPTN dengan semua biaya ditanggung Kemristekdikti.

Pada penutup dalam pidatonya, Nasir mengatakan, “saya berterima kasih atas kerja keras seluruh panitia dalam peluncuran SNMPTN tahun ini yang telah melakukan banyak perubahan dan perbaikan untuk lebih baik lagi”. (ard/bkkpristekdikti/ristekdikti.go.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here