UMRAH terima lawatan Rombongan “Global Outreach” Universiti Teknologi Malaysia

0
26
Rombongan UTM dan UMRAH berfoto bersama (foto: Adi Pranadipa/Warta)

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Menerima lawatan Rombongan Global Outreach dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) , Selasa, (10/5). Rombongan yang berasal dari Fakulti Pendidikan UTM sebanyak 20 orang mahasiswa itu diketuai oleh Dosen Pembimbing,  Shahrin yang juga didampingi oleh Mantan wakil Bupati Bintan, Drs. Mastur Taher.  Rombongan disambut oleh Pembantu Rektor III, Bidang kemahasiswaan, Daeng Ayub Natuna bersama mahasiswa-mahasiswa UMRAH di Lobby Kampus UMRAH Senggarang.

Selanjutnya Rombongan UTM memasuki Ruang Rapat Utama Rektorat untuk mendengarkan Paparan Rektor UMRAH , Prof. Maswardi M. Amin.

Dalam Presentasinya  Prof. Maswardi menyampaikan UMRAH ini memiliki 5 Fakultas  yaitu Teknik, FISIP, FKIP, Ekonomi  dan Ilmu Kelautan Perikanan (FIKP). Selain menjelaskan Kondisi eksisting UMRAH, rektor juga memaparkan rencana kedepan pendirian Fakultas Kedokteran UMRAH.  Pendirian Fakultas Kedokteran ini snagat dimungkinkan di UMRAH ini karena Biota-biota laut yang menjadi bahan Riset Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan UMRAH , bisa menjadi sumber obat-obatan.

“Sebagai Contoh , Tinta Hitam pada Cumi atau Sotong, selain biasa dijadikan Kuah Hitam pada masakan Sotong, juga ternyata memiliki khasiat sebagai Obat Kanker” ujar Prof. Maswardi kepada Para Tetamu dan civitas akademika yang memadati ruang rapat utama rektorat UMRAH. Kemudian Prof. Maswardi juga mempresentasikan Kampus terpadu UMRAH Pulau Dompak yang sudah 98 % jadi dan direncanakan siap untuk ditempati menjelang Akhir tahun 2011.

Menurut Shahrin, Dosen Pembimbing sekaligus Ketua Rombongan UTM Global Outreach, Rombongan yang dibawanya adalah berasal dari mahasiswa Sains Olahraga yang merupakan mahasiswa Akhir yang siap diwisuda.  Ia juga mengatakan kalau UMRAH sangatlah spesial dengan segala potensinya, dan UTM juga sedang mencari ilmu-ilmu baru dengan melakukan Riset dibidang Bioteknologi dan Biomedical.

“di UTM, ada program spesial yaitu Global Outreach, dimana mahasiswa akhir yang akan diwisuda mesti melalui Global Outreach supaya wawsan mereka bertambah luas, dengan mengunjungi tempat khusus seperti Kepri yang kali ini menjadi tujuan kami” Ujar Shahrin dengan aksen melayu malaysia yang kental.

Tukar Menukar Cindera Mata

“Mengapa Kepri yang dipilih, Karena Kepri berpotensi bagi UTM untuk melakukan Riset Biomedis dan tidak menutup kemungkinan dilakukan Join-Research antara UMRAH dan UTM” Tambahnya lagi.

Shahrin juga menyampaikan kabar baik kepada pihak UMRAH bahwa khusus bagi lulusan UMRAH maupun civitas akademika  yang hendak melanjutkan ke jenjang S2 maupun S3, UTM memiliki Pogram Khusus bagi yang berasal dari UMRAH tidak perlu tes TOEFL dan juga perkuliahan bisa melalaui Online Learning dan mekanisme by-Research, sehingga tidak perlu sering-sering ke Johor. Cukup sekali-sekali bimbingan bersama dosen pembimbing.

Pertemuan antara dua Kampus Serumpun itu diakhiri dengan saling-tukar menukar Cinderamata antara UMRAH dan UTM. (dip)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here