Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi saat memberikan kuliah umum kepada 800 orang mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2016 di Hotel Sunrise, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (22/7). FOTO: DOK.Dispenal
TANJUNGPINANG – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi,S.E,M.A.P memberikan kuliah umum kepada 800 orang mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 20016 berlangsung di Hotel Sunrise Tanjungpinang, Jumat (22/7/2016).Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2016 kali ini merupakan gabungan dari 38 Universitas Negeri seluruh Indonesia yang diadakan di Kepulauan Riau, sedangkan penyelenggara kali ini adalah Dirjen Belmawa Kemristekdikti dan sebagai tuan rumah Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang merupakan salah satu Universitas Negeri yang berbasis Maritim yang ada di Indonesia.

Kuliah umum sekaligus pembekalan kepada 800 orang mahasiswa tersebut oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) mengambil tema “Pembangunan Karakter Bangsa Guna Memperkuat Nasionalisme Dalam Mendukung Pembangunan Nasional Indonesia”

Suasana berlangsung hidup dan interaktif tatkala Kasal membuka sesi tanya jawab, yang diselingi dengan quiz, beberapa mahasiswa yang berhasil menjawab dengan benar mendapat amplop yang berisi uang yang sudah dipersiapkan oleh staf Kasal.

Selain itu para mahasiswa peserta KKN Kebangsaan 2016 kali ini mendapat oleh-oleh dari Kasal berupa majalah Cakrawala edisi terbaru yang diserahkan secara simbolis oleh Kasal kepada perwakilan mahasiswa.

Sementara itu sebagai penanggung jawab dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2016 adalah Rektor Umrah Prof.Dr.Safsir Akhlus,M.Sc, mengatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah merupakan salah satu bentuk sasaran Tri Dharma perguruan tinggi yang meliputi Pendidikan,Penelitian, dan Pengabdian terhadap masyarakatm

Hal tersebut sebagai bentuk dan tanggung jawab mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan di bangku kuliah untuk diterapkan ditengah-tengah masyarakat khususnya yang ada di daerah perbatasan dan pulau-pulau terpencil yang ada di kepri.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016 merupakan suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan dharma Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, sekaligus dalam satu kegiatan.
KKN merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi Strata Satu (SI) yang menekankan pada aspek pengalaman belajar dan menghubungkan konsep- konsep akademis dengan realita kehidupan masyarakat.
Program ini merefleksikan pengetahuan teori yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan sebagai unjuk kerja yang mampu mengembangkan soft skill mahasiswa, mematangkan kepribadian dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.

Turut hadir dalam Kuliah Umum sekaligus pembekalan kepada mahasiswa tersebut diantaranya Gubernur Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, Rektor Umrah Prof.Dr.Safsir Akhlus,M.Sc, Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan,S.E.
Kabakamla zona barat Laksma TNI Fredy Egam, Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya,Para Asisten Danlantamal IV, para dosen pendamping dari berbagai perguruan tinggi yang terlibat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016.(dispen lantamal IV/umrah.ac.id)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here