Tingkatkan Kompetensi R& D, LP3M UMRAH gelar Workshop Penyusunan Roadmap Riset Dosen

0
12

Dalam rangka akselerasi pengembangan institusi, LP3M Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau melakukan berbagai upaya perbaikan secara terus menerus (continuous improvement). Salah satu di antaranya menyelenggarakan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian Dosen. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi profesional di bidang riset dan pengembangan (R&D), agar kegiatan penelitian para dosen UMRAH lebih terarah, terencana, dan terukur. Workshop ini diselenggarakan oleh LP3M UMRAH pada hari Selasa (7/12/2016) bertempat di Aula Lantai tiga Kampus UMRAH Dompak.

Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc, dihadiri para dekan, kepala biro dan ketua lembaga. Workshop ini diikuti oleh 40 dosen dari 5 fakultas di lingungan UMRAH dengan narasumber Prof. Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. (Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama), dan Prof. Drs. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. (Dekan Fak. Sains & Teknologi Universitas Jambi).

Dalam kata sambutannya, Prof. Akhlus menekankan bahwa untuk mencapai visi dan misi UMRAH, penelitian dosen harus sesuai dengan rencana strategis UMRAH dan RIP yang sudah disusun. Berkaitan dengan itu, para dosen peserta workshop perlu  menimba pengalaman sebanyak mungkin dari para narasumber yang sangat berpengalaman.

Dalam paparannya, Prof. Rayandra menyampaikan bahwa UMRAH meskipun relatif muda dari sisi usia, bisa melakukan speed up karena memiliki potensi yang unik dan tidak dimiliki perguruan tinggi lain. Kalau distinctiveness tersebut dikelola dengan baik dan diselaraskan dengan program strategis nasional dan daerah Kepri, maka UMRAH akan cepat berkembang dan dikenal, baik di level nasional maupun internasional”.

“UMRAH perlu membuka diri dengan menjalin kerjasama simbiosis mutualistic dengan berbagai pihak dalam dan luar negeri. Disinilah pentingnya penelitian dosen perlu dilakukan secara terarah, terencana dan terukur” ujar Prof. Rayandra

Sementara itu Narasumber lainnya, Prof. Sutrisno, M.Sc, Ph.D. lebih menekankan pada perlunya dosen UMRAH memiliki orientasi dan peta-jalan penelitian agar menjadi professional di bidang masing-masing. Lebih lanjut, Prof. Sutrisno memaparkan secara rinci tentang arah kebijakan pemerintah di bidang riset dan pengembangan, seperti hilirisasi penelitian, pengembangan pusat-pusat unggulan dan science-technopark. Terkait dengan itu, UMRAH harus segera melakukan reorientasi agar in-line dengan arah kebijakan dan program pemerintah dimaksud.

Selama kegiatan, para peserta dibimbing menyusun roadmap penelitian secara invidual dan kelompok. Hasil karya masing-masing dipresentasikan dan didiskusikan dalam sidang pleno dengan para peserta dan narasumber (LP3M).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here