Teknik Informatika UMRAH terima Mahasiswa Asing Program Student Mobility Exchange

Senggarang – Mulai semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017, akan ada yang berbeda dari Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Teknik UMRAH. Pasalnya, TI FT UMRAH kedatangan mahasiswa asing yang akan ikut bersama-sama belajar di kampus FT di Senggarang. Hal ini merupakan realisasi dari program Student Mobility Exchange yang merupakan kerjasama antara UMRAH dengan Mines Nantes Engineering School-Perancis yang tertuang dalam MoU French Indonesian Consortium in Engineering and Management (FICEM).

Gadis bernama Elisa Priollaud, yang akrab dipanggil Elisa, mengaku senang bisa diberi kesempatan untuk belajar di TI UMRAH. Baru beberapa hari tinggal di Indonesia, dia sudah merasakan keramahan orang-orangnya. Selain untuk belajar, gadis berumur 20 tahun yang juga hobi panjat tebing dan ski ini juga ingin tahu lebih banyak mengenai masyarakat, budaya, kuliner, dan pariwisata yang ada di Kepri.

Kedatangan mahasiswa asing tentu saja membawa suasana baru di Program Studi Teknik Informatika, tidak hanya untuk para dosen tetapi juga mahasiswa regular lainnya.Karena lima kelas yang dibuka akan diberikan pengantar dalam bahasa Inggris. Hal ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lain untuk lebih membuka wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka tidak hanya dalam bahasa inggris tetapi juga dalam bidang IT khususnya.

“Mahasiswa Teknik informatika diharapkan dapat mengambil manfaat dari kegiatan student exchange ini dengan cara lebih meningkatkan mutu pribadi dalam menjalani perkuliahan dan menjalin hubungan baik dengan mahasiswa internasional. Kedepannya mahasiswa TI diharapkan dapat berpartisipasi pada persaingan global dengan adanya sharing knowledge dari mahasiswa internasional yang datang ke UMRAH”, kata Hendra Kurniawan, Dosen Teknik Informatika UMRAH, Kamis (9/2/2017).

Selain itu, ia berharap dengan adanya program ini, UMRAH dapat menjadi rujukan dan mitra dari berbagai universitas di luar negeri dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, terutama dibidang kemaritiman.

Elisa didampingi Hendra Kurniawan diterima oleh Wakil Rektor I UMRAH, Prof. Rayandra Asyhar di ruang kerjanya , Kamis (9/2/2017)

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I UMRAH, Prof. Dr.rer.nat Rayandra Asyhar, M.Si berharap UMRAH segera Go Internasional dengan menjadi Universitas kelas dunia melalui inovasi penelitian, publikasi Ilmiah dan kolaborasi internasional.

“Hal ini secara intensif dan terencana sedang kita lakukan, buktinya sudah mulai tampak, dengan adanya program student mobility exchange ini, adanya mahasiswa asing yang dating untuk belajar di UMRAH. Ini merupakan kesempatan untuk promosi Universitas ini ke dunia luar” Ujar Profesor di bidang pendidikan kimia ini.(Nurul Hayaty/TI FT UMRAH)

Sila Ditanggapi

Sila Ditanggapi