Nur Aini Rakhmawati, Ph.D menyampaikan materi kuliah umum. F. Informatika UMRAH

Dompak– Jurusan Teknik Informatika Universitas Maritim Raja Ali Haji menggelar kuliah umum bertajuk “Membangun Web Semantik dan Data Terhubung untuk Penelitian Bidang Maritim ” di Auditorium Kampus Dompak, Tanjungpinang, Senin (20/03/2017).Narasumber pada kuliah umum kali ini adalah Nur Aini Rakhmawati,Ph.D. yang merupakan dosen Jurusan Sistem Informasi dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang sekaligus peneliti bidang Big Data dan Open Data.

Dalam kuliah umum yang dihadiri oleh Mahasiswa dan dosen-dosen Teknik Informatika UMRAH, Nur Aini Rakhmawati menjelaskan tentang aplikasi web semantik dan penggunaan data terbuka, sehingga data yang tersebar di dunia maya dapat dimanfaatkan secara online.

Lanjutnya lagi, web semantik adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer untuk mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data yang tersedia secara terbuka.

“Melalui web semantik berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah”ujar peraih gelar Doktoral dari National University of Ireland Galway, Irlandia ini.

Web Semantik  memiliki kemampuan sebagai aplikasi komputer yang berfungsi untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehari-hari, sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mesin.

Kelebihan Web semantik ini adalah dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database. Sedangkan data terhubung berperan dalam merealisasikan fungsi web semantik agar jumlah data yang besar dapat diorganisasi, dan diolah dengan cepat.

“Tantangan terberat saat ini bagi Indonesia adalah penyediaan data secara terbuka yang dapat diakses oleh berbagai pihak. Akses keterbukaan data di Indonesia masih berada pada level Bintang 2, kebanyakan hanya file excel yang disharing melalui media online” Ujar penggiat sistem operasi Linux ini.

Kemudian dalam keterbukaan data ini harus ada format baku yang digunakan dalam data online, nah format baku Resource Description Framework (RDF) ini yang digunakan.

Dalam konteks maritim, semantik web dan data terhubung ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendapat data-data terhubung yang terkait kemaritiman seperti seperti berapa jumlah kapal ikan yang berlayar dari pelabuhan tertentu, Jalur pelayaran kapal ikan, hingga kecelakaan yang terkait dengan kapal ikan seperti yang dicontohkan oleh Direktorat Jenderal Urusan Maritim dan Perikanan Uni Eropa melalui Linking maritime surveillance data.

Dalam Kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Teknik Informatika UMRAH, Hendra Kurniawan, S.Kom, M.Sc.Eng. yang sekaligus bertindak sebagai moderator kuliah umum, menyampaikan bahwa apa yang disamaikan oleh Nur Aini Rakhmawati, Ph.D ini juga merupakan tantangan bagi jurusan yang diterajuinya ini.

“Penyediaan data kemaritiman indonesia secara online berbasis RDF ini sungguh merupakan tantangan yang harus dijawab Teknik Informatika UMRAH” ucap Hendra dengan nada optimis.(Teknik Informatika UMRAH)

Editor Teks: Adi Pranadipa

Foto Bersama Mahasiswa dan Dosen Teknik Informatika UMRAH dengan Nrasumber Kuliah Umum, Nur Aini Rakhmawati, Ph.D

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini