DOMPAK – Program Studi Ilmu Hukum & Program Studi Hubungan Internasional menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Tim Peneliti Bidang Hubungan Internasional, Pusat Penelitian, Bidang Keahlian DPR RI, dengan tema “Migrasi Manusia dan Implikasinya di Kawasan Asia Tenggara”, Selasa(16/05/2017) di ruang rapat Gedung Prodi Ilmu Hukum, Dompak.

Dalam FGD ini hadir Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Dr. Oksep Adhayanto, SH.,MH,  dan Irman, SH.,MH,. Sedangkan dari Prodi Hubungan Internasional, dihadiri langsung oleh Ketua Program Studi HI, Sayed Fauzan Riyadi, S.Sos., IMAS,. Selain dari kalangan UMRAH, FGD ini juga dihadiri oleh kalangan media, Nikolas Panama, SH yang sehari-hari bertugas di LKBN Antara perwakilan Kepulauan Riau

FGD ini membahas isu Imigrasi yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, dengan memandang aspek geografis dan wilayah perbatasan yang bersentuhan langsung dengan negara tetangga.  Berdasarkan kondisi empiris, masyarakat Kepri banyak melakukan aktifitas lintas batas baik dalam hal kunjungan wisata, maupun sebagai tenaga kerja. Jika ditilik dari kondisi ini, masalah migrasi manusia seringkali terjadi, dan sudah berulang kali.

Simpulan dari FGD ini adalah penyampaian harapan dan masukan kepada pemerintah pusat agar lebih melihat secara seksama potensi dan permasalahan di Kepri. Supaya dapat diambil kebijakan-kebijakan yang efektif dalam menyelesaikan masalah perbatasan, khususnya kebijakan tentang  migrasi orang masuk dan keluar di wilayah Kepri. (IH UMRAH)

Editor Teks: Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here