Dompak – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) bersama Universitas Maritim Raja Ali Haji secara resmi melepas 24 peserta terbaik mahasiswa UMRAH, dalam mengikuti Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 di gedung rektorat kampus UMRAH Dompak, Jumat (28/07/2017).

Deputi Bidang Kemaritiman, Dr. Andreas Piri mengatakan, Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 sebuah program KEMENKO MARITIM guna mendorong dan menginisiasi pemuda untuk dapat mengenal karakteristik masyarakatnya, mengenal budaya masyarakatnya sendiri, sehingga dapat membangun sektor maritim dalam masyarakat pulau.

Dia menjelaskan, ENJ ini merupakan tahun ketiga kalinya diadakan dengan melibatkan 3000 orang peserta yang terdiri dari 1000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan 2000 pemuda dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari sabang sampai merauke.

“Ini adalah sebuah proses pembinaan, jadi kita mengharapkan melalui pengalaman ekspedisi ini, semakin banyak generasi muda yang dapat belajar dan memiliki pengalaman dalam pengabdian. Sehingga pada akhirnya dapat mengabdikan dirinya kemasyarakat pulau, yang kalau selama ini kan program-program cenderung di arahkan ke kota-kota, kali ini kita akan mengirimkan mahasiswa ke wilayah daerah 3T, terdepan, terluar dan terisolir,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus sangat mengapresiasi sinergi dengan Kemenko Maritim. Ia pun berpesan kepada para mahasiwa yang akan berangkat, agar dapat mengemban amanah dengan baik dan mampu menjalankan misinya dengan sempurna.

Koordinator peserta ENJ 2017 UMRAH , Mulyadi menambahkan, rasa bangga dan bahagianya dirinya pun berharap agar persiapan sejak awal yang telah dikoordinasikan oleh Kemenko Maritim dapat berjalan lancar hingga akhir ENJ 2017.

“Berkaitan dengan tujuan ENJ, maka selama ekspedisi peserta akan melaksanakan program kerja di pulau tujuan. Program kerja yang akan dilaksanakan mencakup sektor pendidikan,kesehatan, lingkungan hidup dan ekonomi maritim,” tungkasnya.

Mengenai keberangkatan peserta ENJ UMRAH 2017 dengan tujuan wilayah pulau laut kabupaten Natuna, akan dilaksanakan pada Senin 31 juli di Pelabuhan Sri Bintan Pura dengan menggunakan kapal sabuk nusantara Km 30. (Beto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here