Singapura – umrah.ac.id –  Terletak di wilayah perbatasan yang paling dinamis membuat Jurusan Ilmu Hubungan Internasional  (HI) FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) harus melakukan percepatan-percepatan, salah satu bentuknya adalah menggelar studi ekskursi ke Singapura dan Johor-Malaysia, Selasa (15/08/2017) hingga Kamis (17/08/2017).

Studi ekskursi yang bertujuan untuk memberikan Pengalaman Pergaulan Internasional bagi mahasiswa ini diikuti oleh sepuluh orang mahasiswa HI UMRAH dan dipimpin langsung oleh Sayed Fauzan Riyadi selaku Ketua Jurusan HI UMRAH, dan didampingi oleh Dosen HI UMRAH, Ady Muzwardi dan M. Riza Widyarsa.

“Selat Malaka ini wilayah perbatasan paling dinamis, dan Jurusan HI UMRAH mesti melakukan akselerasi dengan Memberikan pengalaman pergaulan Internasional lebih awal kepada mahasiswa, walau baru masuk semester Tiga” ujar Sayed.

Di Singapura, rombongan Ekskursi HI UMRAH mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Institute of South East Asian Studies (ISEAS)-Yusoff Ishak Institute yang terletak di kawasan National University of Singapore (NUS).

Rombongan diterima oleh Dr Ulla Fionna, Fellow & Assistant Coordinator, Indonesia Studies Programme. Disini HI UMRAH dan ISEAS melakukan diskusi singkat mengenai topik-topik studi di regional asia tenggara, khususnya wilayah SIJORI (Singapura Johor Riau) .

Kemudian didampingi  Liang Shuang, Manager Reference & Circulation ISEAS-Yusof Ishak Library, Rombongan Ekskursi HI UMRAH diajak melihat koleksi perpustakaan untuk kebutuhan penelitian mahasiswa dan dosen ke depannya.

Usai dari ISEAS, kunjungan dilanjutkan ke Rajaratnam School of International Studies (RSIS) Nanyang Technology University (NTU). Di RSIS, disambut oleh Adri Wanto, Associate Research Fellow at the Indonesia Programme. Mahasiswa dan dosen HI UMRAH turut melakukan diskusi mengenai isu-isu strategis di kawasan, dan peluang untuk studi lanjut di RSIS.

Kemudian Rombongan Ekskursi bertolak menuju Johor Bahru, Malaysia.

“Di Johor, Kami ikut serta merayakan Kemerdekaan Indonesia bersama warga Indonesia di Johor Bahru dengan upacara bendera di halaman Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Johor Malaysia” Ungkap Sukma Liyana, Mahasiswi HI UMRAH yang turut dalam rombongan ekskursi.

Upacara Bendera di KJRI Johor

Ady Muzwardi, dosen HI UMRAH mengatakan bahwa Studi ekskursi ini menjadi penunjang penilaian akreditasi program studi .

“Kunjungan ini juga bisa menjadi sarana studi banding segala sesuatu disana dan kemudian  menerapkannya di kampus UMRAH, serta membuka peluang kerja sama dengan kampus di rantau ASEAN ini seperti NUS dan NTU” ujar lulusan UMY ini.(dip)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here