Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BKS PTN) Indonesia Wilayah Barat mengelar Deklarasi Nasionalisme Kebangsaan di Pulau Nipah, Batam, Kepulauan Riau pada Kamis (8/9/2017).

Sebanyak 30 perwakilan Perguruan Tinggi Negeri anggota BKS PTN Wilayah Barat hadir dalam Deklarasi Nipah untuk menyampaikan tiga poin pernyataan sikap. Pertama, BKS PTN wilayah barat secara aktif memperkuat semangat Bhinneka Tunggal Ika, mengamalkan Pancasila, mematuhi UUD 1945 serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua, melarang dan melawan segala bentuk faham radikalisme, ekstremisme, in-toleransi, anti Bhineka Tunggal Ika, serta segala kegiatan yang mengancam keutuhan NKRI.

Terakhir, BKS PTN wilayah barat berkomitmen tinggi menyelenggarakan pendidikan untuk membangun keilmuan dan karakter manusia indonesia menjadi insan yang bermoral, beretika, dan cerdas, berjiwa pancasila, patuh terhadap UUD 1945, memiliki semangat Bhineka Tunggal Ika, serta mampu mempertahankan keutuhan NKRI.

Ketua BKS PTN wilayah barat yang juga merupakan Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji, Kepulauan Riau, Prof Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc mengatakan, deklarasi yang digelar di pulau terluar tersebut merupakan tidak lanjut dari instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Apel deklarasi di Pulau Nipah dihadiri 30 pimpinan perguruan tinggi (Rektor dan Wakil Rektor) dan perwakilan mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi ini bertujuan menguatkan ikatan silaturahmi PTN Anggota BKS serta mengembalikan nilai-nilai luhur pancasila serta UUD 45 dalam upaya menangkal faham-faham yang dapat membahayakan keutuhan NKRI,” ujarnya.

Syafsir Akhlus berharap terwujudnya satu visi yang sama dari perguruan tinggi anggota BKS PTN Barat dan kemudian kegiatan ini mampu menjadi “Role Model” bagi perguruan-perguruan tinggi lain di Indonesia.

Penyerahan Bibit Bakau oleh Rektor UMRAH kepada Menwa UMRAH untuk dilakukan penanaman (f.Yuli Hendri)

Usai deklarasi, di lokasi yang sama juga dilakukan penanaman bibit bakau. Sedikitnya 50 bibit bakau di tanam sebagai bentuk kepedulian BKS PTN wilayah barat terhadap lingkungan. disejalankan kegiatan Karya Bhakti TNI Angkatan Laut Th. 2017 dalam rangka Hari Jadi Ke-72 TNI AL yang diselenggarakan oleh Pangkalan Angkatan Laut (LANAL) Batam.(Beto/Persmakreatif)

Editor Teks : Adi Pranadipa/ UPT Pusat TIK UMRAH
Foto: Yuli Hendri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here