Wakil Rektor I UMRAH

Dompak – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) saat ini sedang mempersiapkan Program Vokasi yang berkait kelindan dengan upaya penyiapan sumberdaya manusia di bidang maritim, khusus pelayaran.

Program Studi vokasi terkait yang rencananya hendak dibuka di tahun 2018 nanti adalah Program Studi Diploma 4 Pelayaran, Nautika dan Teknika.Program ini merupakan bentuk kerjasama UMRAH dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Bentuknya nanti seperti prodi biasa dibawah Universitas, namun UMRAH sebagai pembina, kalau 20 tahun nanti sudah mantap, dan jika hendak memisahkan diri, bisa menjadi Politeknik atau Sekolah Tinggi, kalaupun gabung terus-terusan juga tidak apa-apa” Jelas Wakil Rektor I UMRAH, Prof. Rayandra Asyhar kepada umrah.ac.id di ruang kerjanya, Senin (2/10/2017).

Prof. Ray menjelaskan bahwa konsep terbaru dari Kementerian Ristekdikti tentang pembukaan program vokasi itu harus dibina terlebih dahulu oleh Universitas Negeri yang sudah ada.

“Kalau dulu kan tidak, Perhubungan buka sendiri. Sekarang tidak, mesti dibina Universitas, karena kalau buka baru, cukup banyak biayanya, semua harus baru, termasuk dosen harus baru. Kalau ada Universitas kan bisa dibantu dua-tiga orang dari Dosen Universitas. Fasilitas kan bisa dipakai milik Universitas” Ujar Prof. Ray.

Untuk tenaga pengajarnya sendiri, Prof. Ray menjelaskan selain dibantu dari Dosen-dosen UMRAH, ada kapten-kapten kapal yang berpengalaman yang direkrut untuk calon dosen melalui jalur pengakuan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

“Para calon Dosen jalur RPL ini nanti dinilai internal dulu, disampaikan ke senat, baru kemudian diajukan ke Kementerian Ristekdikti” ujar Prof. Ray.

Pendirian program vokasi ini sebagai respon dari keinginan Gubernur Kepulauan Riau. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu menyarankan kepada Gubernur Kepri agar dibuka dulu program studi yang terkait dengan pelayaran di Kepri di Perguruan Tinggi Negeri di bumi segantang lada ini.

Pemprov Kepri sendiri berkomitmen untuk membantu dari segi fasilitas dengan membenahi gedung perkuliahan terpadu UMRAH di samping rektorat dompak yang sempat mandek penyelesaiannya sebagai tempat perkuliahan program vokasi pelayaran ini..

“Pemprov terlebih dahulu akan membenahi lantai 1 gedung untuk perkuliahan nantinya, baru kemudian tahapan berikutnya seperti lantai 2, 3, termasuk segala kelengkapannya” pengkas Prof. Ray. (dip/UPT TIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here