Senggarang – Event bagi siswa-siswi SMA/MA/MK Kepulauan Riau kembali digelar oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Martim Raja Ali Haji (UMRAH) dengan tajuk Olimpiade Komputer, Teknologi dan Informasi (OKTI) 2017. Event ini merupakan event olimpiade perdana yang melibatkan sekolah SMA/SMK/MA dari empat Kabupaten/Kota yaitu Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

Event yang digelar pada Sabtu(11/11/2017) ini diselaraskan dengan event lain yaitu Bebras Challenge yang merupakan sebuah ide dan inisiatif internasional dengan tujuan mempromosikan Computational Thinking (Berpikir dengan landasan Komputasi atau Informatika), bagi guru dan murid mulai dari kelas 3 SD, hingga masyarakat luas.

Tekad Matulatan, salah satu penggagas OKTI 2017, sedang menyampaikan tentang OKTI 2017 dan Bebras Challenge (Foto – Indri Junanda)

Menurut Tekad Matulatan, salah satu penggagas event ini, mengatakan bahwa OKTI 2017 dan Bebras Challenge 2017 merupakan event untuk siswa setingkat SMA, SMK dan MA dalam menjawab soal-soal yang menjadi landasan berpikir analitik. Kemampuan analitik ini sangat berperan besar dalam keilmuan bidang komputer. Event ini diharapkan dapat memacu semangat putra putri Indonesia untuk memajukan teknologi informasi tanah air supaya setara bahkan menjadi salah satu acuan dunia.

“kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi, Computational Thinking bagi siswa-siswi kita, kegiatan ini juga bukan hanya sekedar untuk mencari pemenang. Memang ini besifat perlombaan, namun juga bertujuan agar siswa belajar seperti apa Computational Thinking itu” ujarnya .

Event ini berlangsung selama sehari dan terdiri dari tiga sesi. Setiap siswa akan ditentukan memasuki sesi yang mana. Dalam soal yang diberikan pun ada dua kategori, yaitu kategori Algoritma dan Logika Matematika. Dalam menjawab soalnya pun event ini sudah menerapkan CAT (Computer Assisted Test), hasil dari pemenang juga ditampilkan secara langsung sehingga dapat diketahui kemajuan siswa dalam menjawab soal.

Di akhir perlombaan, Pemenang jatuh kepada SMAN 1 Tanjungpinang (Wirmantono juara 1 bidang algoritma, Nanda Ryaas Absar harapan 1 bidang algoritma), SMAN 3 Batam (Erlangga Kurnia Pangestu juara 2 bidang algoritma, Amar Fadil harapan 1 bidang logika matematika, Muhammad Hafizh Herti Arrabbani harapan 2 bidang  logika matematika), SMAS Katolik Santa Maria (Varianto Nakanaori juara 3 bidang algoritma dan harapan 1 bidang logika matematika), SMKS Kartini Batam (Nurul Isniati Sumarno juara 1 bidang logika matematika, Muhammad Arif Ferdiansyah juara 3 bidang logika matematika) , SMKS Maitreyawira (Jenny juara 2 bidang logika matematika), SMAN 1 Bintan Utara (Yuni Ayu Anggraini harapan 2 bidang algoritma), SMKN 4 Tanjungpinang (Siti Nuranisah harapan 3 bidang algoritma). Rencananya Kegiatan OKTI akan diselanggarakan secara rutin setiap tahun dengan mengundang seluruh SMA/SMK/MA di Wilayah Kepulauan Riau. (TI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here