Dompak – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sepakat untuk menjalin Kerjasama dalam bidang Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Guna Pengembangan Kelembagaan. Kesepakatan ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani Rektor UMRAH, Prof. Dr.Syafsir Akhlus, M.Sc dan Asisten SDM Kapolri, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol H Arief Sulistyanto M.Si di Auditorium UMRAH Dompak, Senin(30/7).

Dalam sambutan usai penandatanganan Nota Kesepahaman, Rektor UMRAH Prof. Syafsir Akhlus mengatakan bahwa begitu mendapat konfirmasi bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman(MoU) akan langsung dihadiri oleh Irjen Arief, ramai tokoh masyarakat Tanjungpinang mengirimkan pesan singkat.

“Walau hanya satu setengah tahun menjabat Kapolres, banyak tokoh masyarakat mengenal beliau. Ternyata beliau banyak memberi kesan yang baik. Selamat pulang kampung Pak Arief,” sapa Prof. Akhlus dari podium disambut tepukan tangan dan senyum Irjen Arief yang duduk di kursi terdepan.

Menurut Prof.Akhlus, meski hanya satu setengah tahun menjabat namun sikap dan caranya memimpin masih terkenang sampai hari ini.

“ Merupakan kebanggaan bagi UMRAH, karena dari sekian perguruan tinggi yang melakukan kerja sama ini, hanya di UMRAH yang penandatanganannya langsung oleh Asisten SDM Kapolri” ungkap Prof. Akhlus.

Sudah menjadi ciri khas Prof. Akhlus, menutup sambutan dengan pantun. Irjen Arief yang naik ke podium setelah Prof. Akhlus tak mau kalah, pantun pun berbalas.

“Tadi malam staff saya sudah membuatkan pantun, tapi tentu tak elok rasanya kalau tidak membacakan pantun yang saya buat sendiri” ucap Irjen Arief sembari berpantun.

Kepada Mahasiswa UMRAH yang memadati auditorium, Irjen Arief sedikit bercerita bahwa ia dulu pernah menjadi Kapolres Tanjungpinang belasan tahun yang lalu.

“Kalau adik-adik sekarang sudah mahasiswa berarti saya bertugas disini ketika adik-adik masih Sekolah Dasar” kenang Irjen Arief.

Kemudian ia menuturkan bahwa staff yang mendampinginya ini pernah bertugas di Tanjungpinang juga. “Begitu tahu ada MoU di Tanjungpinang, saya langsung tertarik berangkat sendiri” ujarnya.

Terkait Nota Kesepahaman dengan UMRAH ini, Irjen Arief  mengatakan bahwa untuk mewujudkan visi pengembangan SDM POLRI yang Profesional Modern dan Terpercaya, perlu sinergi penguasaaan knowledge atau pengetahuan dan pengalaman nyata antara UMRAH dan POLRI.

“Disini diperlukan sinergi, kami membutuhkan kerjasama di bidang penguasaan Knowledge, sedangkan di tempat kami banyak pengalaman-pengalaman mengenai permasalahan yang bisa dijadikan studi bagi program studi yang ada di UMRAH. Dengan sinergitas ini dapat mewujudkan Visi pembangunan SDM yang Profesional, Modern, dan terpercaya yang kami bangun di POLRI untuk menjadikan bangsa ini Bangsa yang unggul dan kompetitif” ujar Irjen Arief.

Irjen Arief menekankan agar Rektor UMRAH jangan sungkan untuk berkoordinasi dengan Kapolres dan Kapolda karena payung hukum kerjasama ini sudah ada dan tinggal ditindaklanjuti.

Sejumlah petinggi Polda Kepri, Polres Tanjungpinang turut hadir. Dari UMRAH selain mahasiswa yang memadati auditorium hadir juga para Pejabat di lingkungan UMRAH.

Penulis & Editor : Adi Pranadipa

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here