Dompak – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Terbuka(UT) sepakat untuk menjalin kerjasama di Bidang Online Learning. Komitmen Kerjasama itu dituangkan dalam Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor UMRAH, Prof Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc dan Rektor UT, Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D. saat pelaksanaan Dies Natalis XI dan Wisuda Sarjana XI di Balairung Wan Seribeni,Sabtu(15/9) di Kantor Gubernur KEPRI di Dompak.

Penandatangan Nota Kesepahaman ini adalah komitmen antara UMRAH dan UT serta UT dan PTS lainnya di Kepulauan Riau, untuk mensukseskan program strategis Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) terkait dengan peningkatan Angka Partisipasi Pendidikan Tinggi melalui Pendidikan Jarak jauh dan Online Learning.

Undang-Undang No 12 Tahun 2012 secara eksplisit menyebutkan bahwa sistem pendidikan jarak jauh dapat dilakukan dengan modus tunggal dan modus ganda. Pendidikan jarak jauh dan online learning (Pembelajaran bukan lagi sebagai pasar monopoli yang dikuasai oleh Universitas Terbuka, tapi akan menjadi program prioritas Kemenristekdikti agar dapat diimplementasikan di beberapa perguruan tinggi tatap muka lainnya.

Rektor UT, Prof Ojat Darojat dalam sambutannya di hadapan Wisudawan UMRAH dan hadirin yang hadir di balairung Wan Seribeni menyampaikan Dunia pendidikan Indonesia saat ini dihadapkan pada era baru sejalan dengan hadirnya revolusi industri keempat yang menuntut lahirnya inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam pengelolaan pendidikan.

Kedepan ada satu peristiwa penting yang akan dihadapi dunia pendidikan kita yaitu hadirnya perguruan tinggi asing di Indonesia serta akan lahirnya 400 perguruan tinggi yang akan menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu, SDM kita perlu disiapkan dengan baik untuk menghadapi persaingan ke depan seperti yang diamanatkan dalam visi pendidikan. Dimana, sejarah perkembangan ekonomi banyak negara maju telah membuktikan tesis human investment (penanaman modal manusia) pentingnya peran kualitas SDM dalam pembangunan.

Terkait dengan kebijakan baru tersebut, maka sangat penting mengintegrasikan kemajuan yang dicapai dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pendidikan di UMRAH kedepan sebagai respon dari Revolusi Industri keempat.

“Selain Fokus kerjasama ini akan diarahkan kepada Online Learning, tentu pada saat yang bersamaan kita juga dapat membuat program-program antara yang memadukan perkuliahan tatap muka dan perkuliahan secara online yang kita kenal dengan Hybrid Pedagogy, Online Pedagogy, semuanya akan kita siapkan agar teman-teman dosen dan tenaga kependidikan di UMRAH memiliki kapasitas dan kemahiran dalam menyelenggarakan Online Learning ke Depan” tutur Prof. Ojat Darojat di hadapan Civitas Akademika UMRAH dan para Wisudawan.

Terkait Online Learning sendiri di UMRAH, dalam kesempatan yang sama Rektor UMRAH, Prof. Akhlus juga secara resmi meluncurkan Syarah UMRAH, portal online Blended Learning UMRAH sebagai penanda era baru pembelajaran di UMRAH sebagai respon terhadap Revolusi Industri keempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here