Dompak – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) menggelar Kuliah Umum dengan tema Integrated Coastal Zone Management dilanjutkan dengan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan FIKP UMRAH bertempat di Ruang Serbaguna Lantai 3 Rektorat Dompak, Rabu, (26/9)

Dalam kuliah Umum yang dimoderatori oleh Risandi Dwirama Putra, S.T., M.Eng., Dosen Ilmu Kelautan FIKP Umrah,  Kepala PKSPL IPB, Dr. Ir. Ario Damar, M.Si  menyampaikan materi tentang Pengembangan Wilayah Pesisir Terpadu dan Implementasinya di Indonesia.

“Hampir semua aktifitas manusia dari hulu sampai hilir akan berakibat pada wilayah pesisir, oleh karena itu sangat penting pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu” jelas Dr. Ario Damar dalam paparannya.

Kemudian lanjutnya, Pentingnya mengelola wilayah pesisir ini dilihat dari karakteristik dan input yang masuk kedalam wilayah pesisir, berakibat pendekatan rezim pengelolaan yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya karena masing-masing wilayah pesisir memiliki karakter yang khas.

Acara ini dihadiri oleh Dosen-Dosen di lingkungan FIKP Umrah, Mahasiswa FIKP Umrah, Mahasiswa Universitas Riau (UR), dan Mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal).

Peserta kuliah umum sangat antusias dengan kuliah umum ini. Atusiasme itu terbukti dengan ragam pertanyaan dari beberapa dosen dan mahasiswa yang bekesempatan bertanya diantaranya Dr. Ani Suryanti, S.Pi., M.Si. (Dosen SEP Umrah), Wahyu Muzammil, S.Pi., M.Si. (Dosen MSP Umrah), Nadya (Mahasiswa IK Umrah Angkatan 2016), dan Nisya (Mahasiswa Unimal).

Tandatangani MoA dengan PKSPL IPB

Dalam sambutan sesaat sebelum membuka kuliah Umum dan Penandatanganan MoA, Dekan FIKP Umrah, Dr. Agung Dhamar Syakti menyatakan sangat gembira dengan adanya MoA antara PKSL IPB dan FIKP Umrah.

“Secara historis PKSPL IPB sudah menjadi bagian dari saya, karena saya pernah bergabung dan membantu PKSPL IPB pada saat Kepala PKSPL IPB dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Tridoyo Kusumastanto, MS”, ujar Dr. Agung sedikit bernostalgia.

Kemudian Lanjutnya, semoga dengan adanya MoA ini semakin mempererat kerjasama dalam bidang riset dan pengelolaan pesisir terpadu antara PKSPL IPB dan FIKP Umrah

Penandatangaan MoA antara PKSPL IPB dan FIKP Umrah ini dilakukan oleh Kepala PKSPL IPB Dr. Ario Damar dan Dekan FIKP Umrah Dr. Agung Dhamar Syakti. Setelah penandatanganan MoA, kedua belah pihak menyerahkan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan atas tercapainya MoA dan ditutup oleh kegiatan foto bersama dengan ‘Pose Salam Maritim khas UMRAH’ dan ‘Pose C FPIK IPB’.(FIKP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here