Shanghai, China – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) semakin diperhitungkan di rantau Asia-Pasifik. Dekan FIKP UMRAH,  Dr. Agung Dhamar Syakti dijemput sebagai pembicara tamu pada Workshop bertaraf Internasional yang dilaksanakan UNESCO-IOC Sub-Commission for the Western Pacific (WESTPAC) dengan East China Normal University sebagai Tuan Rumah pelaksanaan pada tanggal 15-17 Oktober 2018 di Vienna International Hotel,Shanghai-China. IOC sendiri adalah singkatan dari Intergovermental Oceanographic Commision.

Kegiatan hari pertama, Senin(15/10) adalah Simposium Internasional yang bertajuk “Symposium on Distribution, Source, Fate and Impact of Marine Microplastics in Asia and the Pacific” yang memberikan informasi terkini riset-riset tentang mikroplastik baik terkait pendekatan pendugaan, metodologi, tehnik identifikasi dan juga dampak pada skala lokal dan global.

Dalam Simposium ini, Dekan FIKP, Dr. Syakti memaparkan hasil risetnya terkait dampak mikroplastik terhadap species karang dalam hal ini adalah Acropora formosa.

“Riset ini adalah yang pertama di Indonesia bahkan di Dunia” tulis Dr. Syakti kepada Editor umrah.ac.id melalui Surat elektronik yang dikirimkan dari Shanghai.

Sedangkan Hari kedua, Selasa(16/10) dan hari ketiga, Rabu(17/10) adalah Workshop yang digunakan untuk melakukan review hasil riset yang dilangsungkan satu tahun terakhir dengan menggunakan metode standard yang dikembangkan bersama-sama para pakar dari berbagai negara termasuk Dekan FIKP UMRAH yang difasilitasi oleh IOC-WESTPAC pada Workshop Perdana di Phuket, Thailand pada tahun sebelumnya.

Pelaksanaan Workshop ini juga untuk menyamakan persepsi dan metodologi yang mengharmonisasikan riset-riset mikroplastik. Selain itu juga dibahas tentang problem dan tantangan, lessons learned dan peluang kerjasama riset mikroplastik untuk riset-riset lanjutan.

Hasil dari kegiatan ini adalah dibukukannya panduan sampling dan analisis mikroplastik di sedimen pantai (Guideline for Sampling and Analysis of Microplastics in Beach Sediment).

Dari Indonesia sendiri, Selain Dr. Syakti, juga turut diundang Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian, Dr. Zainal Arifin dan Peneliti dari Pusat Penelitian Laut Dalam-LIPI, Dr. Corry Yanti Manullang.

Dekan FIKP UMRAH, Dr. Syakti di hadapan para peserta dari berbagai negara asia pasifik mengusulkan agar Workshop Ketiga tentang mikroplasik dapat disejalankan dengan Konferensi Internasional IOC WESTPAC 2020 yang akan diikuti 700 ilmuwan di kawasan Asia Pasifik dapat dilaksanakan di Tanjungpinang dengan UMRAH sebagai tuan rumahnya.(ADS)

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here