TANJUNGPINANG – Fakultas Teknik (FT) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)  sebagai koordinator wilayah Bebras Challenge Tanjungpinang-Bintan menggelar seminar Computational Thinking dan sosialisasi Bebras Challenge di Ruang pertemuan lantai 3 Rektorat UMRAH Dompak, Jumat(26/10).

Ketua Jurusan Teknik Informatika UMRAH, Hendra Kurniawan, S.Kom, M.Sc. Eng. dlam sambutannya memaparkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan Computational Thinking sekaligus sosialisasi kegiatan Bebras Challenge yang akan dilaksanakan pada 15 November 2018.

“Bebras pertama kali digelar di Lithuania, merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer”. ujar Hendra dalam sambutannya

Kompetisi Bebras dilaksanakan setiap tahun. Negara yang sudah berpartisipasi mengikuti Bebras ada 50 negara, belum termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, jumlah peserta yang mengikuti Bebras mencapai 1,3 juta siswa dari berbagai belahan dunia.

Setelah kunjungannya ke Indonesia pada bulan Februari 2016, Prof. Valentina Dagiene (Vilnius University, Lithuania), sekaligus  penggagas (founder) Bebras Internasional, mengundang Indonesia menjadi observer pada Workshop Internasional Bebras pada bulan Mei tahun 2016.

“Indonesia berpartisipasi mengadakan Bebras Challenge untuk pertama kalinya pada bulan November 2016, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Komite Internasional Bebras
dan pada tahun ini Bebras Challenge akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018”. Tambah Hendra dalam penjelasannya.

Kegiatan seminar Computational thinking dan sosialisasi bebras challenge yang didukung oleh  Telkom Indonesia dan Bayan Tree Bintan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah atau Guru TIK dari SMP, SMA dan SMK se-Tanjungpinang dan Bintan sebanyak 60 orang peserta.

Kontributor : Tara (Fakultas Teknik)
Editor: Adi Pranadipa (UPT TIK, umrah.ac.id)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini