Daeng Ayub Natuna, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan

Lahir di Air Muruh Ranai Natuna, 17 Maret 1961. Pendidikan Dasar diselesaikan di Ranai Natuna, dan Pendidikan Menengah di Tanjungpinang. Menamatkan Program S1 di FKIP Unri. Mengikuti banyak program pendidikan akademik, mulai dari yang satu minggu sampai enam bulan.   Pendidikan S2 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dapat diselesaikan dengan Cumlaude. Sekarang masih fokus mengikuti Program Doktor di University Kebangsaan Malaysia, dengan konsentrasi Pentadbiran Pendidikan. Mulai menulis sejak awal 80-an dan sampai sekarang masih aktif. Semasa kuliah di UNRI, aktif dalam organisasi Resimen hasiswa, ikut mendirikan dan aktif dalam Pramuka Universitas Riau, ikut membesarkan Koran kampus “Bahana Mahasiswa”, dan beberapa kegiatan kemahasiswaan lainnya.

Menulis pada beberapa media massa lokal dan nasional. Ikut membidani majalah Madani, yang terbit sampai edisi ke lima. Aktif di LPM UNRI sejak 1986 sebagai Ketua Kelompok Studi Dikmas sampai  2001. Pernah menjabat sebagai Kepala UPT MKU di UNRI, Sekretaris Program Studi PLS, kemudian mulai November 2003 dipercayakan sebagai Kepala UPT PPL FKIP UNRI, selain itu masih tetap dipercayakan sebagai Koordinator Pemajuan HAM pada PSAHAM Unri.  Selalu tampil dalam berbagai kegiatan Ilmiah seperti seminar, baik lokal maupun nasional dan luar negeri. Selain melakukan banyak penelitian, juga aktif dalam membantu kegiatan pengembangan masyarakat. Ikut membesarkan Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial (SMPS) Pekanbaru, yang sekarang bernama SMK Tunas Bakti.

Pernah sebagai Guru SMA Seri Rama Pekanbaru. Bukunya yang sudah terbit adalah “RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU; REFLEKSI 1968-1979-2003 oleh Unri Press. Kemudian ”PENGANTAR MENJADI GURU; PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN” oleh Unri Press.  “PULAU BERHALA SAH MILIK KABUPATEN LINGGA” oleh Batam Publisher“PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN BERBASIS MARITIM” oleh Umrah Press dan lain-lainnya. Selain aktif sebagai dosen pada Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) di Kampusnya, aktif pula sebagai konsultan perencanaan pembangunan Daerah, khususnya bidang Sumber Daya Manusia, dan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Sejak 2009 diangkat sebagai Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang,selain tetap menjalankan tugas pokok di Universitas Riau, Pekanbaru[]