Jakarta – Proses Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 sudah mencapai pada hari terakhir sejak dibuka pendaftarannya pada 29 Februari 2016 lalu. Akan tetapi untuk memberi kesempatan siswa pendaftar yang sudah login ke laman resmi SNMPTN 2016 tetapi belum finalisasi, diberi kesempatan menyelesaikan proses pendaftaran sampai dengan Senin, 14 Maret 2016 pukul 22.00 WIB.

Seperti yang dikatakan Ketua Umum SNMPTN Tahun 2016, Rochmat Wahab dalam konferensi persnya di Gedung D lantai 3 Pintu Satu Senayan, Minggu (13/3) sebagaimana dilansir dari laman ristekdikti.go.id. “Ada perpanjangan waktu khusus untuk yang sudah login, sampai dengan besok (14/3) pukul 00.00 untuk Waktu Indonesia Timur (WIT) dan pukul 22.00 untuk Waktu Indonesia Barat (WIB),” ungkapnya.

Rochmat Wahab juga menjelaskan periode ini harus dimanfaatkam siswa untuk melengkapi pendaftaran sampai tahap finalisasi, karena masih banyaknya siswa yang belum selesai mengisi biodata dan melakukan pendaftaran sampai pada akhirnya panitia SNMPTN 2016 memutuskan untuk memperpanjang proses pendaftaran tersebut.

“Kebijakan ini memberi kesempatan bagi 160 ribuan siswa tersebut untuk bisa menyelesaikan proses pendaftaran SNMPTN 2016 sampai finalisasi. Diharapkan dalam waktu dua hari cukup untuk melakukan pendaftaran dan nantinya bisa dilakukan proses lebih lanjut,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama juga hadir Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti Intan Ahmad, ia berharap agar proses pendaftaran SNMPTN tahun ini bisa berjalan dengan lancar sebagaimana yang sudah diharapkan sebelumnya.

“Setelah SNMPTN ini selesai, kemudian akan dilanjutkan dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) dan setelah itu ada Seleksi Mandiri, jadi ada tahapan-tahapannya dimana dengan sistem yang diberikan ini bisa memberi kesempatan bagi para siswa untuk mencoba tiap tahapannya,” pungkasnya.

Menurut panitia SNMPTN 2016, terdapat kesimpulan dari proses pendaftaran ini yaitu berdasarkan trafik pendaftaran SNMPTN 2016 lebih lancar dibanding pendaftaran tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan tingkat kesadaran pendaftar dalam memanfaatkan waktu sudah lebih baik sehingga tidak terjadi penumpukan secara maksimal di akhir.

Jumlah pendaftar SNMPTN 2016 sebanyak 750.208 siswa dengan kualitas yang lebih baik (dengan kuota sesuai akreditasi) lebih tinggi 17,40% dibanding pendaftar pada tahun 2015. Kemudian jumlah pendaftar bidikmisi tahun 2016 terdapat kenaikkan 23,84%.

Bagi siswa yang sudah terdaftar dalam SNMPTN, pencetakan kartu peserta bisa dilakukan 22 Maret sampai 21 April 2016. Lalu proses seleksi dilakukan 24 Maret sampai 8 Mei 2016 dan pengumuman kelulusan dilaksanakan pada 10 Mei 2016. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN pada 31 Mei 2016. (ard/bkkp/ristekdikti.go.id)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini