Meningkat 22,76 % dibanding tahun lalu

Tanjungpinang– Terhitung 2.983 peserta mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Provinsi Kepulauan Riau. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 22,76 persen dari tahun lalu yang berjumlah 2.430 peserta. Kota Tanjungpinang dan Kota Batam menjadi lokasi pelaksanaan ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak secara nasional di Indonesia , Selasa (16/5/2017).

“Peserta tahun ini meningkat pesat, terutama untuk lokasi pelaksanaan Ujian Paper Based Test di Sub Panitia Lokal Batam. Dibanding tahun lalu jumlah pendaftar yang melaksanakan ujian di sub panitia lokal Batam mencapai 1.155, tahun ini jumlahnya meningkat mencapai 1.540” ujar Budi Primulia, Koordinator Humas dan Informasi Panitia Lokal 22 SBMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Sedangkan untuk Tanjungpinang sendiri, lanjut Budi, mencapai 1.348 peserta. Dibanding tahun lalu yang berjumlah 1.275 peserta. Untuk Kelompok Ujian terbagi tiga jenis, yaitu bidang SAINTEK, SOSHUM dan bidang CAMPURAN.

“Lokasi yang digunakan adalah sebagai lokasi tempat ujian adalah beberapa SMA di Batam dan Tanjungpinang dan Kampus UMRAH. Khusus kampus UMRAH sendiri, adalah lokasi Computer Based Test (CBT) yang tahun ini adalah kali pertama UMRAH turut serta, dan menggunakan Laboratorium komputer milik Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Ekonomi, serta Fakultas Teknik ” jelas staff bidang Akademik BAKK UMRAH ini.

Khusus CBT ini hanya digunakan 95 peserta, dikarenakan ketersediaan piranti dan infrastruktur yang ada.

“Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017, mulai pkl 17:00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id” ujar Budi.

Sedangkan untuk Jalur Ujian Mandiri, tahun ini akan dilaksanakan serentak oleh Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat, dimana UMRAH juga termasuk di dalamnya.

Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN – BARAT) 2017 dapat diakses melalui Pendaftaran online dengan alamat
www.pendaftaran.smmptnbarat.id mulai tanggal 1 sampai 30 Juni 2017. Kemudian Ujian Tertulis dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juli 2017. Pengumuman Kelulusan akan diumumkan tanggal 18 Juli 2017 melalui laman www.smmptnbarat.id/pengumuman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini