Jajaki Kerja Sama TUK, P2O LIPI Kunjungi FIKP UMRAH

0
1145

Senggarang – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Maritim Raja Ali Haji  (UMRAH) mendapat kunjungan dari rombongan Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kamis (25/01/2018) di Senggarang.

Rombongan terdiri dari Kepala P2O LIPI Dr. Dirhamsyah, M.A beserta kepala LSP P2O LIPI Deny Sutisna, S.Sos., M.Fin dan beberapa pejabat P2O LIPI lainnya.

Maksud dari Kunjungan ini adalah untuk menjajaki kerja sama dalam hal pendirian Tempat Uji Kompetensi (TUK) penilaian kesehatan kondisi terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya di FIKP UMRAH.

Terkait hal ini P2O LIPI meminta kesanggupan, komitmen serta dukungan dari FIKP UMRAH dalam pelaksanaan pembentukan program tersebut, serta FIKP UMRAH untuk dapat mengidentifikasi sarana dan prasara, asesor, ruang kelas, ketersediaan alat selam, ruang komputasi dan beberapa kebutuhan standar lainnya yang dibutuhkan dalam pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK).

P2O LIPI juga berkomitmen untuk siap membantu mendukung kelengkapan sarana dan prasarana yang kurang serta UMRAH diminta untuk dapat membuat perjanjian kerja sama dalam bentuk MOU dengan LIPI dan beberapa stakeholder terkait lainnya dalam waktu dekat.

Selain pembahasan mengenai pembentukan TUK, pertemuan ini juga membahas kelanjutan mengenai kerja sama monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya dimana UMRAH tetap melanjutkan kegiatan monitoring kesehatan terumbu karang dan ekosistem terkait lainnya untuk wilayah Kabupaten Natuna dan Lingga.

Penguatan kerjasama dalam pengelolaan data terpadu oseanografi dan ekosistem pantai yang berada di server UMRAH juga menjadi topik bahasan dalam pertemuan di ruang rapat FIKP UMRAH.  

Diharapkan dari penguatan kerjasama ini, data-data yang berada di server UMRAH dapat dimanfaatkan dan dapat diakses oleh stakeholder terkait yang membutuhkan, misalnya didalam penetapan RZWP3K yang seyogyanya mengacu dan mempertimbangkan basis data informasi mengenai ekosistem terumbu karang, padang lamun dan ekosistem lainnya yang datanya tersedia untuk publik pada Aplikasi CRMIS (Coral Reef Management Information System) yang bisa diakses secara online melalui http://crmis.fikp.umrah.ac.id

FIKP UMRAH maupun P2O LIPI berharap agar kerjasama yang sudah dibangun agar dapat diperluas kedepannya, diantaranya kesepakatan menambah addendum kerja sama untuk riset-riset yang mengarah kepada marine endangers species yang diantaranya riset mengenai teripang maupun riset yang berkaitan dengan marine plastic debris. (Humas UMRAH)

Editor Teks : Adi Pranadipa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini