1.092 Peserta SBMPTN Tahun 2018 lulus di UMRAH

0
2770

Tanjungpinang – Tercatat sebanyak 1.092 peserta SBMPTN Tahun 2018 lulus di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang diumumkan serentak secara nasional sejak Selasa (3/7) sore kemarin.

Menurut data panitia lokal SBMPTN Nomor 22 UMRAH, ada dua program studi yang memiliki peminat terbanyak.

Program studi dengan peminat terbanyak di bidang Sosial Humaniora adalah program studi Manajemen Fakultas Ekonomi UMRAH dengan jumlah peminat sebanyak 248 orang, sedangkan di bidang Sains dan Teknologi, prodi dengan peminat terbanyak adalah Teknik Informatika Fakultas Teknik dengan peminat sebanyak 215 orang.

“Namun itu berdasarkan jumlah peminat, kuota yang diterima sesungguhnya sangat ketat sekali, seperti Teknik Informatika di bidang Saintek dengan tingkat keketatan 19.07 % karena dari 215 peminat, hanya diterima 41 orang saja  dan Jurusan Hubungan Internasional di bidang Soshum dengan tingkat keketatan 19.83 % dimana dari 248 peminat, hanya diterima 24 orang”  Ujar Koordinator Humas Panitia Lokal SBMPTN UMRAH, Budi Primulia.

Ketatnya peminat dan dua prodi ini menurut Budi mungkin ada beberapa faktor.

“Di bidang Saintek, Teknik Informatika diminati mungkin karena sekarang era digital, dan pemicu calon mahasiswa berlomba-lomba mendaftar adalah peluang kerja di sektor IT terbuka lebar di era Disruptive Inovation atau Revolusi Industri 4.0” ujarnya.

Sedang untuk Soshum,  Menurutnya adalah potensi Lulusan Jurusan Hubungan Internasional yang luar biasa di rantau ini.

“Kepulauan Riau berada di jalur strategis Perdagangan dunia, dan berbatas laut dengan negara-negara Asean. Berdepan dengan Singapura sebagai Hub Perdagangan Internasional, peluang kerja para lulusan jelas terbuka lebar” Tukas Budi.

Tahapan selanjutnya yang wajib dilalui oleh Calon Mahasiswa yang lulus SBMPTN adalah Verifikasi berkas Uang Kuliah Tunggal berdasarkan data-data riil keuangan keluarga bagi Calon Mahasiswa.

Verifikasi ini untuk menentukan nominal jumlah UKT yang harus dibayarkan saat daftar ulang. Untuk Calon Mahasiswa Pelamar Beasiswa Bidikmisi juga dilakukan verifikasi berkas khusus untuk Bidikmisi.

Hari ini, Selasa (10/7) adalah hari terakhir pengiriman atau pengantaran berkas UKT melalui cap pos atau pengataran langsung ke UMRAH. Untuk Calon Mahasiswa yang berada di luar Tanjungpinang diberikan kemudahan menggunakan email sesuai yang diumumkan Surat Pengumuman Nomor 2500/UN53.0/AK/2018. (Panitia SBMPTN UMRAH) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini