Tentang UMRAH

Universitas Maritim Raja Ali Haji merupakan salah satu Universitas termuda di Negeri ini yang memiliki Nilai Strategis Bagi Wilayah dimana ia bertempat, Provinsi Kepulauan Riau. Tidak cuma bagi Kepulauan Riau sendiri namun  juga bagi Indonesia di Wilayah Barat. Karena Kampus ini terletak di garis depan Negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan riau-lingga.

UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No 124/D/O/2007  di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Dalam Perkembangannya, UMRAH yang kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama Kepulauan Riau berdasarkan Perpres no 53 tahun 2011  ini bercita-cita untuk tumbuh dan terus berkembang dalam menghasilkan lulusan yang Cerdas, Madani, dan Transformatif.

Hal ini yang menjadi unique selling point (Keunggulan)  UMRAH dibanding perguruan tinggi lainnya. Namun Menjadi Universitas terkemuka di bidang maritim merupakan tantangan terbesar UMRAH di tengah persaingan yang sedemikian hebatnya di rantau ini, tapi dengan Konsistensi Segenap civitas akademika UMRAH dan dukungan Masyarakat dan Dunia Usaha tentu tantangan tersebut bisa dilalui oleh Kampus Pesisir ini hingga  menapaki jalan panjang menuju Universitas Kelas Dunia.

Kata Universitas Maritim yang melekat pada Universitas ini melambangkan UMRAH memiliki tanggung jawab besar secara keilmuan untuk memajukan dunia maritim negeri ini . Nama Raja Ali Haji yang juga disandang UMRAH bertujuan untuk mengekalkan semangat berkebudayaan Raja Ali Haji sang Pahlawan Bahasa.

UMRAH dalam perjalanannya yang kini memasuki usia 6 tahun ini terus berusaha untuk melakukan pencapaian-pencapaian di bidang penelitian dengan terus menerus berinovasi untuk menciptakan teknologi dan inovasi terapan IPTEK yang berguna untuk diterapkan dalam pengabdian kepada masyarakat . Berbagai jalinan kerja sama dilakukan dengan Universitas terkemuka di dalam negeri dan di luar negeri . Jumlah Mahasiswa saat ini berjumlah kurang lebih 5300 mahasiswa. Jumlah Alumni sekitar 1000-an alumni yang lulus sejak tahun 2010, 2011, hingga 2013.

m4s0n501
Top