Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji , Prof. Dr. H. Maswardi M. Amin, M.Pd

Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji , Prof. Dr. H. Maswardi M. Amin, M.Pd

Selamat Datang di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Universitas Maritim Raja Ali Haji merupakan Universitas Negeri yang baru saja dinegerikan  tanggal 8 September 2011 terletak di Tanjungpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu wilayah terdepan negeri ini, di perbatasan barat Indonesia yang berbatas laut secara langsung dengan negara-negara tetangga Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Anugerah geografis ini tentu membuka peluang yang sangat besar bagi UMRAH untuk berkontribusi lebih banyak bagi Negara Indonesia ini melalui Tridharma Perguruan Tinggi, untuk mewujudkan visi, yaitu menjadi Universitas terkemuka berbasis kemaritiman.

Perihal nama Universitas Maritim Raja Ali Haji ini terdiri dari dua unsur, yaitu Maritim, dan Raja Ali Haji. Nama Maritim diambil dari luasnya laut di Kepulauan Riau yaitu 96%. Universitas maritim pertama di Indonesia yang Program unggulannya adalah Kemaritiman. Diharapkan UMRAH mampu memainkan peranan sebagai pencipta Sumberdaya insani yang unggul, berkarakter, dan berakhlak mulia yang mampu membangun kembali kejayaan Indonesia sebagai negara maritim. Kemudian Raja Ali Haji, adalah seorang Pahlawan Nasional di bidang Bahasa, budayawan di gerbang abad XX yang karyanya melebihi zamannya, memberikan makna bahwa UMRAH, disamping berkontribusi di bidang maritim, juga memiliki peran besar sebagai pusat pembangunan tamadun melayu dengan dilandasi semangat Raja Ali Haji untuk memelihara peradaban yang berbudaya dan berakhlak mulia.

Dalam Usia Universitas kami yang sangat muda ini tentulah masih terdapat kekurangan disana sini, namun kami akan terus berkomitmen untuk fokus pada pembenahan dan peningkatan kualitas di segala lini dengan dukungan para sivitas akademika, Pemerintah, Dunia Usaha, dan Masyarakat untuk membangun Kultur Kompetitif UMRAH dan berdaya saing sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Daerah Perbatasan.

Akhir kata silahkan manfaatkan situs web UMRAH ini sebagai sarana informasi utama mengenai UMRAH, untuk mengetahui apa saja kegiatan yang kami lakukan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, maupun kegiatan yang lainnya. Salam hangat saya Selaku Rektor kepada semua pihak, stakeholder, dan pemangku kepentingan yang telah mempercayakan UMRAH sebagai tempat menuntut ilmu dan menempa diri untuk bersama-sama mewujudkan visi UMRAH sebagai Universitas terkemuka berbasis kemaritiman.

Pergi memancing Ikan Tenggiri

Tenggiri didapat, bawa ke dusun

UMRAH terletak di beranda negeri

Dengan kalam kembangkan tamadun

 

Hormat saya,

Prof.Dr. H. Maswardi M.Amin, M.Pd

Rektor, Universitas Maritim Raja Ali Haji