SEMARANG – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan Universitas Sultan Agung (UNISSULA) Semarang secara resmi menandatangani Nota Kesepahaman dalam bidang pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi. Kerja Sama yang dijalin mencerminkan komitmen kuat kedua perguruan tinggi untuk memperkuat kolaborasi dalam berbagai aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Berlangsung di Kampus UNISSULA, Selasa (23/1/2024).

Acara penandatanganan dimulai dengan sambutan dari Rektor UMRAH, Prof. Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi, DEA yang mengungkapkan rasa terima kasih atas peluang kerjasama tersebut. Beliau juga menyoroti potensi yang dapat dikembangkan bersama untuk kemajuan pendidikan. UNISSULA, sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah dengan pemeringkatan terbaik dan akreditasi unggul, diharapkan dapat menjadi tempat pembelajaran yang berharga bagi UMRAH.

Pada kesempatan itu, disampaikan bahwa implementasi kerja sama dalam waktu dekat adalah antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMRAH dengan Fakultas Hukum (FH) UNISSULA, serta antara Fakultas Kedokteran UMRAH dengan Fakultas Kedokteran UNISSULA.

Sementara Rektor UNISSULA, dalam sambutannya mengapresiasi semangat kolaborasi UMRAH dengan perguruan tinggi swasta. UNISSULA, sebagai lembaga pendidikan yang mendasarkan pada nilai-nilai keislaman dan akhlak mulia, menekankan pentingnya tidak hanya menghasilkan lulusan berkompetensi tinggi tetapi juga berkarakter baik dalam kehidupan sehari-hari.

Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Rektor UMRAH dan Rektor UNISSULA, yang disaksikan oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama kedua Universitas, Dekan FISIP UMRAH, Dekan FH UNISSULA, dan jajaran pimpinan UNISSULA.

Selain penandatanganan, UMRAH turut melaksanakan kunjungan ke Fakultas Kedokteran UNISSULA untuk mengevaluasi fasilitas dan ruang yang diperlukan. Kunjungan itu juga diteruskan ke FH UNISSULA, dimana kedua belah pihak berdiskusi tentang potensi kerja sama yang dapat diwujudkan.

Dalam waktu dekat, FISIP UMRAH dan FH UNISSULA berencana untuk menindaklanjuti Nota Kesepahaman tersebut dengan implementasi kegiatan melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerja sama (PKS). Kerja sama itu diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat di kedua perguruan tinggi tersebut.

Laporan: Rachmawati (Analis Kerja Sama) | Editor: Rendi A. Saputra (Humas UMRAH) | Foto: Istimewa