Pangarmabar : Wujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dengan Empat Core Ideas

0
1253

Dompak – Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos. memberikan kuliah umum dengan tema “Peran Teknologi Dalam Kedaulatan Maritim Indonesia” kepada sejumlah mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan perwakilan siswa-siswi SMA se Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang di Gedung Auditorium UMRAH Dompak, Tanjung Pinang, Senin (08/01/18).

Dalam sambutan saat membuka kegiatan ini Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc. sangat menyambut baik kegiatan kuliah umum ini dan bangga kepada Fakultas Teknik UMRAH sebagai penyelenggara. Rektor berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi dan berharap kepada seluruh peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh panglima koarmabar dengan sebaik-baiknya.

Dalam pemaparannya, Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos menyampaikan gagasan penting dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang dikenal dengan Empat Core Ideas. Empat poin penting tersebut termuat dalam buku “Facing Global Maritime Fulcrum Between Threats and Opportunies”.

Gagasan Empat Core Ideas tersebut terdiri dari pentingnya pembentukan Pusat Informasi Maritim Indonesia (Indonesia Maritime Information Center – IMIC), pembangunan sistem sensor dasar laut dengan teknologi Coastal Acoustic Tomography (CAT) dengan konsep operasi Seabed Sonar.

Kemudian pembangunan Alur Pelayaran Tol Laut (APTL) dengan tujuan meningkatkan Maritime Domain Awareness (MDA) serta pemanfaatan Strategi AS (Rebalancing Strategy) dan Strategi China (Strategic Silk Road, One Belt – One Road) untuk meningkatkan pembangunan di bidang ekonomi dan pertahanan.

“Gagasan dan pemikiran ini muncul tersebut muncul karena saya sangat tertantang dengan melihat begitu kompleksnya permasalahan di wilayah perairan Indonesia khususnya di perairan wilayah Barat” ujar Aan.

“Begitu banyak ancaman dan tantangan, serta peluang yang seharusnya dapat dimanfaatkan dari aspek maritim demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju” paparnya.

Pangarmabar mengharapkan materi yang disampaikan dapat dijadikan sebagai sumber referensi sekaligus inspirasi bagi para generasi muda khususnya mahasiswa guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan mewujudkan kedaulatan Maritim dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang didapat selama melaksanakan pendidikan di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Selesai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta penyerahan sertifikat dan cinderamata dari pihak UMRAH kepada Pangarmabar dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., Danguskamlabar Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr.Han, Kazona Maritim, Ir Armabar, Aslog Danlantamal IV Tanjung Pinang, Dansatrolarmabar, Dansatkatarmabar, Wakil Rektor UMRAH, Seluruh Dekan dan Dosen UMRAH, Kabid Pendidikan Tinggi Pemprov Kepri, Kabid Kepemudaan Pemprov Kepri,  Mahasiswa UMRAH, perwakilan pelajar SMAN  1 Tanjung Pinang, perwakilan pelajar SMAN 1 Bintan. dengan peserta yang hadir lebih kurang 300 orang.

Kontributor : Rendi, Humas UMRAH
Editor Teks : Adi Pranadipa, UPT TIK UMRAH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini