Proposal Hibah General Education UMRAH masuk Empat besar terbaik se-Indonesia

0
130

Tanjungpinang– Proposal Hibah General Education Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) yang diajukan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) masuk dalam empat besar proposal terbaik se-Indonesia.

Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LP3M) UMRAH Dr. Viktor Amrifo, S.Pi, M.Si menjelaskan kepada Teraju Humas UMRAH, Senin(8/10) di ruang kerjanya, lantai tiga gedung Rektorat UMRAH Dompak.

Di UMRAH sendiri program General Education diwakili oleh dua mata kuliah; Mata kuliah Tamadun dan Tunjuk Ajar Melayu dan mata kuliah Pengantar Ilmu Kemaritiman yang menjelaskan tentang identitas UMRAH sebagai salah satu Universitas Maritim terkemuka di Indonesia.

Pada program General Education ini UMRAH bersaing dengan 151 proposal dari Universitas lainnya, hingga diseleksi menjadi 21 proposal yang lolos termasuk UMRAH salah satunya.

“Yang lebih mantapnya lagi UMRAH masuk dalam 4 besar proposal terbaik se-Indonesia”. Ungkap Viktor.

Dalam Proposal yang diajukan ke Kemenristekdikti yang bertajuk “Empowerment of Maritime: The Rebuilding of A Cultural Generation“ UMRAH optimis akan melakukan Peningkatan kapasitas pengetahuan, sikap dan perilaku kemaritiman untuk seluruh mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji guna mensukseskan program tersebut.

Viktor Amrifo juga menjelaskan bahwa ada 4 sasaran kegiatan pada program ini, antara lain; Terbinanya mahasiswa yang memiliki wawasan (Knowledge), berfikir kritis (critical thinking), kemampuan analisis (analytical thinking), mengenai “Tamadun (peradaban) Maritim”, Pembinaan mahasiswa sebagai agen perubahan (Agent of change) dan kontrol sosial (social control)di tengah masyarakat dengan karakter kemaritiman, Eksistensi Universitas Maritim Raja Ali Haji sebagai intitusi pendidikan yang unggul di bidang kemaritiman, Terbinanya masyarakat pesisir Provinsi Kepulauan Riau yang mengedepankan potensi kemaritiman sebagai penggerak utama perekonomian.

“Dan akhirnya semua sasaran tersebut mengerucut menjadi satu target dari program tersebut, yakni Terbentuknya Duta Maritim yang merupakan delegasi UMRAH di level nasional dan internasional” Terang Viktor.

Direktur Pembelajaran Belmawa Ristekdikti, Paristiyanti Nurwardani, dalam Kata pengantar pada  Buku Panduan Hibah General Education menuliskan “Sesuai dengan Nawacita Presiden Jokowi, mahasiswa dan dosen merupakan agen strategis untuk membangun Indonesia yang beragam agar lebih maju dan beradab. Mahasiswa dan dosen diharapkan memiliki kemampuan berpikir yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur universal, saling menghormati, berperilaku dan berpikir positif, semangat gotong-royong, mempunyai pemahaman tentang berbagai issu global sehingga siap menghadapi dinamika dan kompleksitas kehidupan. Untuk itu pembelajaran General Education perlu dilaksanakan di perguruan tinggi”.

General Education sendiri mempunyai sejarah panjang di kampus-kampus besar dunia, di Benua Eropa maupun Amerika sejak Abad Pertengahan yang bertujuan mengembangkan manusia yang mempunyai kemampuan pikir, rasa, dan perilaku yang lebih bermartabat sebagai landasan membangun lingkungan di sekitarnya.

Melalui General Education, mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk menentukan apa yang dapat atau akan dilakukan melalui pendidikan. General Education di Indonesia diharapkan dapat menambah kemampuan yang telah diberikan dari setiap bidang ilmu dengan kemampuan rasa dan perilaku yang lebih integratif antar disiplin keilmuan.

Reporter : Rendi/Humas UMRAH
Editor : Adi Pranadipa/Web Editor UPT TIK UMRAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here