Batam – Tiga Orang Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Aris Kurniawan, Ilham Ramadani, dan Ahmad Saiful mengikuti event e27 academy yang berlangsung di Turi Beach Resort, mulai Rabu (28/11) hingga Jumat (30/11).

e27 Academy adalah program pembelajaran tiga hari yang dirancang untuk membantu calon pendiri startup tahap awal membangun perusahaan mereka dan memahami bagaimana ekosistem startup.

para peserta dalam e27 academy ini berasal dari 17 negara, yaitu Bangladesh, Brunei, Cambodia, India, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Philippines, Romania, Singapore, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, United Arab Emirates (Dubai), United Kingdom, USA, Vietnam.

Para peserta pelatihan e27 academy diberikan Workshops yaitu mendalami secara mendalam kerangka kerja, studi kasus, dan langkah-langkah yang dapat segera ditindaklanjuti dalam membangun startup mereka. Lalu mereka diberikan kesempatan melakukan Diskusi Roundtable, yaitu mendiskusikan dan menyelesaikan masalah pembangunan perusahaan dan masalah dengan mentor dan rekan.

Kemudian para peserta bisa melakukan Mentoritas dan Networking, yaitu Konsultasi pribadi one-by-one atau konsultasi secara empat mata dengan mentor dan jaringan yang difasilitasi di antara rekan dan mentor.

Beberapa agenda workshop dan coaching diantaranya “A Startup Guide to Understanding the Southeast Asia Market”, yang di sampaikan oleh Michael Lints dari Golden Gate Ventures. Setelah itu  Radhika Dutt yang memberi materi dengan tema “The Practical Guide to Building Radical Product”, dan dilanjutkan lagi oleh Cheryl Chong dari FundedHere bertema “Exploring Alternative Fundraising Methods” .

Paddy Tan dari Interventures memberikan presentasi dengan tajuk “Determining the Best Strategy for Startup Scalling” dan disambung oleh Florian Cornu dari Flow Ventures bertema “Financial and Cashflow Management”

Rektor UMRAH, Prof. Dr. Syafsir Akhlus yang mendampingi mahasiswa UMRAH saat pembukaan menyampaikan bahwa keikutsertaan UMRAH dalam forum e27 ini  adalah bagian dari kerjasama dengan Nongsa Digital Park (NDP).

“Ada 16 Negara yang hadir di e27 academy tersebut, dan itu tidak gratis. Namun UMRAH mendapatkan keistimewaan tersendiri, tanpa biaya pihak Nongsa Digital Park memberikan kesempatan kepada Mahasiswa kita untuk ikut serta di e27 Academy tersebut”. Ungkap Prof. Akhlus

Aris Kurniawan, mahasiswa Teknik Informatika UMRAH yang ikut bersama tiga dua orang rekannya dengan bendera startup hokagelab mengatakan kalau helat ini memberi kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan jejaring dengan malaysia dan singapura.

“Walau startup kami masih level mahasiswa, yang kami dapatkan disini banyak sekali, seperti management tim, menghadapi konflik tim, dan mendapatkan investor di indonesia” ujar Aris disambut anggukan dua orang rekan satu timnya.

Setelah keseluruhan acara terlaksana, panitia bersama para mentor dan peserta melakukan rekreasi atau kunjungan ke kantor Nongsa Digital Park dan Infinite Studio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here