Yogyakarta – Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH, Dr. Agung Dhamar Syakti, DEA didaulat menjadi narasumber pada kegiatan Program Peningkatan Kemampuan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi staf dosen dan mahasiswa pasca sarjana yang ditaja oleh Departemen Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat(15/02/2019) bertempat di ruang sidang Departemen Perikanan UGM, Bulaksumur Yogyakarta.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta dosen Departemen Perikanan dari tiga prodi yg ada MSP, BDP dan THP serta mahasiswa S2 Ilmu Perikanan dan S3 Pertanian minat perikanan serta pengelola jurnal departemen Perikanan UGM diwarnai antusiasme yang tinggi. Selain membagikan kiat-kiat bagaimana menulis karya ilmiah, Dr. Agung juga menyinggung kiat-kiat mengelola jurnal.

“Jadi disampaikan juga bagaimana kita mendorong mereka untuk terlibat dalam sistem peer review, supaya secara keseluruhan kualitas jurnal ilmiah di UGM ataupun di indonesia akan meningkat, jadi perlu keterlibatan yang masif dari seluruh dosen dan peneliti” ujar Dr. Agung kepada editor umrah.ac.id melalui pesan singkat Whatsapp.

Menurut Dr. Agung, mereka para peserta mendapat masukan-masukan baru yang selama ini belum didapatkan.

“Terkait dengan bagaimana Open Access, Subscription, bayar atau tidaknya Jurnal internasional bereputasi. Ternyata mereka banyak belum tahu itu, jadi mereka sangat terbantu dengan adanya informasi yang aku sampaikan” kata peraih hibah riset DDRG LIPI ini.

Ada sesi yang cukup menarik dalam pelatihan tersebut, Dr. Agung coba mengambil contoh paper para peserta. Kemudian langsung dibahas, bahwa paper ini misalnya harus seperti apa koreksinya mulai dari judul, abstrak, pendahuluan dan sebagainya dibahas langsung ditempat.

Saking antusiasnya, kegiatan yang dimulai pukul 14.30 kemudian berakhir pukul 16.30 WIB ini bahkan sampai harus di stop oleh sekretaris Jurusan, pasal antusiasme yang membuncah dari peserta.

Menurut Dr. Agung, mereka juga memang punya anggaran yang cukup besar untuk penelitian dan publikasi, berbeda dengan UMRAH.

“Tapi justru mereka bilang wah di UMRAH saja meski dengan keterbatasan dana yang ada masih tetap bisa berkiprah dan menulis bahkan kita mengundang narasumber dari UMRAH kenapa kita yang punya kecukupan anggaran tidak bisa optimal” Ujar Dr Agung.

Salah satu peserta, Dr. Eko Setyobudi, S.Pi. , M.Si menceritakan kesannya dalam pelatihan ini

“Apa yang disampaikan sangat bermanfaat baik  bagi calon author, reviewer atau pengelola jurnal, .untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas publikasi” ujarnya.

Sedangkan peserta lainnya, Nisa Qurrota Ayun mengatakan Materi-materi yang disampaikan oleh Dr Agung menurutnya sangat membantu tidak hanya bagaimana cara menulis paper yang baik dan benar tetapi juga berbagi tips-tips untuk mempermudah mempublish sebuah paper.

Senada dengan Nisa, peserta yang bernama Rizka Fauziana S. memiliki kesan yang baik dari pelatihan ini. “membuka wawasan hal-hal yg terkait dengan proses submit jurnal, memotivasi juga untuk menulis karya ilmiah dengan lebih baik lagi” ujarnya. (umrah.ac.id)

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here