Ady Muzwardi, Dosen Ilmu Hubungan Internasional UMRAH berkolaborasi dengan Dr. Siwage Dharma Negara peneliti senior ISEAS, melakukan presentasi hasil riset dalam workshop economic update for the Riau Islands

Workshop ini diselenggarakan di Yusof Ishak Institute (ISEAS), Pasir Panjang Singapura , 21 November 2019. Para pembicara dalam workshop ini terdiri dari peneliti ISEAS, UMRAH, NAMARIN, CSIS & Jakarta Property Institute. 

Hasil akhir workshop ini menilai arah pembangunan-pembangunan terbaru di Provinsi Kepulauan Riau, termasuk kerangka kebijakan yang berkembang dalam menarik foreign direct investment, kebijakan dalam menangkap  peluang dan mengatasi tantangan kedepan di tiga sektor besar yang menjanjikan yaitu Pariwisata, shipping-logistik, dan digital economy (ekonomi digital). 

Khusus untuk sektor pariwisata, Ady Muzwardi & Siwage Dharma Negara memaparkan hasil riset yang berjudul “Tourism in the Riau Islands The Sunrise Sector”. Sub-sub pemaparan hasil kajian ini meliputi Trend pengembangan pariwisata Kepulauan Riau, termasuk Tourism policy, program-program pengembangan pariwisata, atraksi wisata, dan tantangan pengembangan pariwisata Kepulauan Riau.

Sementara hasil kajian sektor Shipping-logistik memperlihatkan kurang seriusnya pemerintah pusat dalam mengembangkan infrastruktur kepelabuhan.

(foto: ISEAS – Yusof Ishak Institute)

Berbeda dengan sektor shipping, sektor Ekonomi Digital lebih kepada hambatan sumber daya manusia dan regulasi, kekurangan SDM dan belum padunya regulasi ekonomi digital membuat sektor ini belum dapat dioptimalkan sebagai sektor utama di Provinsi Kepulauan Riau.

The workshop drew an audience of 50 people, including scholars, students, members of the media and the public.

Workshop ini dihadiri oleh 50 peserta, termasuk para akademisi, mahasiswa, kalangan media dan masyarakat awam singapura.

Editor : Adi Pranadipa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here